Antisipasi Teror, PLN UP2D Bali Gelar Simulasi

Denpasar
Ket Foto : Robot Caliber MK 3 milik Tim Gegana Brimob Polda Bali mengamankan paket yang mencurigakan

DENPASAR, Kilasbali.com – PLN Distribusi Bali menggelar Simulasi Penanganan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) Teror di Kantor PLN UP2D Bali di Jalan Diponogoro Denpasar, Kamis (29/4/2021).

GM PLN Distribusi Bali I Wayan Udayana mengatakan aset PLN cukup banyak dan strategis sehingga diperlukan standar pengamanan untuk menjaga keberlangsungan operasional PLN grup, baik dari sisi pembangkitan, penyaluran, serta pendistribusian tenaga listrik kepada pelanggan.

Ia menambahkan aset-aset penting PLN yang merupakan Objek Vital Nasional di Bali meliputi 2 unit Pembangkitan yaitu, PT Indonesia Power di Pesanggaran dan Pembangkit Gilimanuk.

Baca Juga:  Pererat Tali Silaturahmi, Jaya Negara dan Arya Wibawa Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah

Selain itu ada 5 unit Gardu Induk Transmisi meliputi : Cable Head & GI Gilimanuk, GI Kapal, GIS Pesanggaran, GIS Bandara I Gusti Ngurah Rai, GI Nusa Dua, dan 1 unit Distribusi yakni UP2D Bali di Jalan Diponogoro Denpasar.

Terkait simulasi ini, Udayana menjelaskan hal ini sebagai langkah antisipasi terhadap potensi ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan.

“Maka pengelolaan pengamanan
di PLN grup adalah dengan penerapan sistem manajemen pengamanan sesuai peraturan Kepolisian yang berlaku, kerjasama antara Polda Bali dengan
PLN grup dalam rangka bantuan pengamanan di Obvitnas, Pembentukan tim emergency respon di setiap unit, Penyedian sarana dan prasarana tanggap darurat, dan Pelatihan emergency respon secara rutin,” sebutnya.

Baca Juga:  Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 13 Orang, Kasus Positif Melejit 39 Orang

Adapun sasaran dari kegiatan ini menurutnya adalah menjaga keamanan seluruh aset PLN sehingga kegiatan operasional PLN grup dapat berjalan dengan baik, mewujudkan nihil gangguan keamanan baik di dalam kantor PLN maupun di sekitar instalasi.

Sedangkan nilai tambah dari simulasi ini adalah menjalin sinergi antara PLN grup dengan Polri dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan instalasi PLN, meningkatkan kewaspadaan kepada seluruh pegawai khususnya dalam penanganan ancaman bom.

Pada kesempatan ini Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Ketut Suardana mengatakan isu keamanan sudah menjadi isu global dan sangat penting bagi keberlangsungan dunia usaha.

Baca Juga:  Bali Lobi Pusat Percepat Vaksinasi

“Oleh karena itu pengamanan bukan saja menjadi tanggung jawab Kepolisian dan TNI saja, akan tetapi sudah menjadi tanggung jawab bersama,” ucapnya.(sgt/kb)