Aster Kasad Kunjungi Kegiatan Binter Terpadu di Wilayah Kodim 1619/Tabanan

Birokrasi Tabanan
Foto; Aster Kasad saat meninjau Kegiatan Binter Terpadu Serbuan Teritorial TNI AD TA. 2019 di wilayah Kodim 1619/Tabanan pada Rabu (3/7/2019)

TABANAN, Kilasbali.com –  Asisten Teritorial Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Aster Kasad ) Mayor Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari  S.IP, M.Si beserta rombongan tiba di Makodim 1619/Tabanan dalam rangka meninjau Kegiatan Binter Terpadu Serbuan Teritorial TNI AD TA. 2019 di wilayah Kodim 1619/Tabanan pada Rabu (3/7/2019).

Dalam kunjungannya Aster Kasad yang lulusan akmil angkatan 87 ini, disambut Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Danrem 163/WSA Kolonel Arh Albertus Magnus Suharyadi S.IP M.Si, Aster Kasdam IX/Udy Kolonel Inf I Kadek Subawa, Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto  dan Forkopimda Kabupaten Tabanan.

Setelah meninjau Makodim 1619/Tabanan dan coffe morning bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), kegiatan dilanjutkan dengan menghadiri Kegiatan Komsos dengan komponen masyarakat yang diisi dengan Sosialisasi cegah tangkal paham radikal di Gedung I Ketut Mario Tabanan. Di mana rombongan disambut Tari Bungan Sandat Serasi yang dipersembahkan Sanggar Ayu Tabanan, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Bupati Tabanan melalui asisten I Pemkab Tabanan, I Wayan Miarsana menyampaikan, masyarakat Tabanan adalah masyarakat sosioreligius agraris dengan warna budaya pertanian dan merupakan daerah masyarakat Hindu yang tetap dalam kerukunan dan keharmonisan.

“Dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kerukunan umat beragama terpelihara baik sehingga Tabanan penyandang Harmoni Award dari Kementrian Agama,” terangnya.

Menurutnya, kondisi keamanan di Tabanan tetap terjaga dengan aman dan nyaman serta kondusif sebagai syarat utama DTW. Di mana semua itu, berkat kerjasama yang baik dan solid antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah termasuk peran Kodim 1619/Tabanan. “Harapan kami mari kita jaga kondisi Tabanan ini bersama-sama dengan semangat membangun daerah sebagai wujud pengabdian kita sebagai anak bangsa,” pungkas Miarsana.

Aster Kasad menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya  atas kesediaan semua  pihak yang siap mendukung Kegiatan Binter Terpadu dalam rangka Serbuan Teritorial TNI AD TA. 2019, sejalan dengan tema yang diangkat yaitu “Menangkal Paham Radikalisme/Separatisme dan Filter Budaya Bebas di Era Globalisasi”.

“Radikalisme adalah merupakan sikap yang mendambakan perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan menjungkir balikan nilai-nilai yang ada secara drastis lewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi Ekstrem,” terangnya.

Lebih lanjut mengatakan, ada beberapa strategi dalam menghadapi radikalisme yaitu kontra radikalisasi upaya penanaman nilai-nilai ke Indonesiaan serta nilai-nilai non kekerasan melalui pendidikan formal dan non formal. Selain itu, juga melalui kerjasama dengan para tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda seluruh stakeholder  untuk memberikan nilai-nilai kebangsaan.

Setelah memberikan sambutan Aster Kasad dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan  buku tentang Wawasan Kebangsaan secara simbolis kepada perwakilan komponen masyarakat Tabanan. “Semoga buku tersebut memberikan manfaat dan berguna untuk meningkatkan jiwa kebangsaan kita,” harapnya.

Setelah Kegiatan Komsos di Gedung I Ketut Maria Aster bersama rombongan meninjau simulasi kegiatan Saka Wira Kartika (SWK) binaan Kodim 1619/Tabanan di halaman Garuda Wisnu Serasi Tabanan untuk memberikan semangat dan menyampaikan kepada adik-adik Pramuka agar lebih giat lagi untuk belajar dan berlatih agar menjadi Pramuka yang handal dan berprestasi.

Setelah meninjau kegiatan SWK, Aster Kasad dan rombongan menuju Kegiatan Pengobatan Massal dan donor darah yang diselenggarakan di Areal Kantor Perbekel Desa Gubug Kec. Tabanan dan berbincang-bincang dengan koordinator dan juga peserta kegiatan.

Pada akhir kegiatannya di Wilayah Kecamatan Tabanan rombongan meninjau kegiatan karya bhakti yang melibatkan TNI-Polri dan Instansi terkait serta seluruh komponen masyarakat dalam pembuatan badan jalan dan pembuatan saluran air di lokasi TMMD di Br Tonja Desa Gubug Kec. Tabanan.

Setelah di Wilayah Kecamatan Tabanan Aster Kasad bergeser ke Wilayah Kecamatan lain yaitu  menuju Wilayah Kecamatan Baturiti untuk meninjau Kharya bhakti perbaikan/pengecatan Mushola Al.Murobithin di Desa Baturiti Kec. Baturiti serta melaksanakan komsos dengan  para tokoh di Kec.Baturiti.

Setelah Kegiatan selesai Rombongan di dampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto S.IP berkunjung ke Wisata Edukasi Secret Garden Village Desa Luwus Kec Baturiti untuk ramah tamah. (kb)