Astungkara, Tiga Ruas Jalan di Tabanan Bakal Dihotmix

Birokrasi Tabanan
Foto: Kabid Bina Marga Dinas PUPRKP Tabanan, I Gde Made Partana

TABANAN, Kilasbali.com – Jalan rusak masih menjadi pekerjaan rumah yang belum rampung diselesaikan Tabanan melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRKP) Tabanan.

Kendatipun demikian, Kabid Bina Marga PUPRKP Tabanan, I Gde Made Partana, Rabu (23/9/2020) mengklaim bahwa dari jumlah ruas jalan di Kabupaten Tabanan, sebanyak 78,29 persen dalam kondisi baik dan sisanya dalam keadaan rusak. Bahkan di Pandemi Covid-19 ini ada tiga ruas jalan yang di hotmix.

Menurutnya, Kabupaten Tabanan memiliki ruas jalan sepanjang 863,218 Km, dari total tersebut sepanjang 675,830 Km atau 78,29 persen kondisinya baik. Sedangkan untuk rusak sedang sepanjang 6,10 km atau 0,71 persen, rusak ringan 17,403 km atau 2,02 persen dan dalam kondisi rusak berat sepanjang 163,885 km atau 18,99 persen.

Baca Juga:  Cok Ace Apresiasi Peran KPID Dalam Penguatan Lembaga Penyiaran

“Dari total jalan yang ada, sekitar 21,71 persen yang masih rusak. Untuk jalan yang kondisi masih rusak ini kita perbaiki secara bertahap,” ungkapnya.

Ditambahkan Partana, kondisi jalan rusak berat paling banyak berada di Wilayah Kecamatan Selemadeg Timur sepanjang 43 km, setelah itu di Kecamatan Penebel sepanjang 21,950 km, Kecamatan Kediri 19,427 km, Kecamatan Pupuan 15,4 km dan sisanya merata di Kecamatan lain.

“Untuk perbaikan jalan-jalan rusak ini kita terus berusaha untuk mencarikan bantuan lewat DAK di pusat, BKK Kabupaten Badung dan juga BKK Provinsi,” tambahnya.

Baca Juga:  Jemput Bola Pelangi, 24 Warga Pemogan Lakukan Perekaman E-KTP

Menurut Partana akibat pandemi Covid-19 ini ada enam ruas jalan di Tabanan yang rencananya di perbaiki batal, yang anggarannya dari bantuan DAK dari pusat berupa hotmix.

Namun pihaknya kembali mengusulkan agar enam ruas jalan ini pada tahun 2021 bisa diperbaiki lewat bantuan DAK Pusat. Bahkan pihaknya juga mengusulkan ada 14 ruas untuk diperbaiki lewat bantuan DAK.

“Enam ruas yang tertunda tahun ini akibat Covid ini kita kembali usulkan. Ini sudah diverifikasi kembali oleh pusat, dan yang tertunda tahun ini akan menjadi sekala prioritas pada tahun 2021, dan mudah-mudahan ini nanti disetujui oleh pusat,” jelasnya.

Baca Juga:  Desa Pandak Gede 'All Out' Menangkan Jaya-Wira

Meskipun ada enam ruas jalan yang batal diperbaiki tahun ini, namun tahun ini ada tiga ruas jalan yang akan diperbaiki berupa hotmix di Tabanan. Dimana perbaikan ini merupakan bantuan dari BKK Provinsi.

Tiga ruas tersebut, sebut dia, adalah jalan Kerambitan-Pasut sepanjang 6 Km, Jalan Pinge-Tinungan sepanjang 3,148 Km dan jalan Tinungan-Angsri sepanjang 4,9 Km.

“Tiga ruas jalan ini saat ini masih dalam proses di tender, rencannya tanggal 28 ada kontrak. Setelah itu awal Oktober besok sudah mulai pengerjaan,” tandasnya. (m/kb)