Atasi Masalah Sampah Perkotaan, Jaya Negara Tinjau Uji Coba Mesin Pengolah Sampah

Denpasar News Update
Atasi Masalah Sampah Perkotaan, Jaya Negara Tinjau Uji Coba Mesin Pengolah Sampah

DENPASAR, Kilasbali.com – Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara meninjau uji coba mesin pengolahan sampah yang dilaksanakan di Sanur, Jumat (13/7/2021).

Setelah melihat hasil uji coba, Wali Kota merasa yakin apabila mesin pengolah sampah buatan Jepang ini telah berfungsi dengan maksimal, maka permasalahan sampah di Denpasar bisa teratasi.

“Harapan saya ketika ini semua jalan sekian ton sampah di Kota Denpasar yang biasa dibawa ke TPA kita sudah selesaikan di lokasi pengolahan,” kata Jaya Negara.

Baca Juga:  90 Orang Pasien Covid-19 Sembuh di Kota Denpasar

Tentunya pihaknya terus memantau dan mempelajari sehingga mesin bisa berfungsi secara maksimal.

“Kami akan terus pantau, sehingga nanti mesin bisa bekerja maksimal. Ini merupakan komitmen kami di dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Denpasar,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa mengatakan uji coba terus digencarkan guna mengatasi pemasalahan sampah di Kota Denpasar.

Baca Juga:  Persit Peduli Bagikan Nasi Kotak

Dari hasil uji coba minimal 10 ton sampah setiap harinya bisa diolah menjadi butiran atau serbuk yang akan digunakan sebagai bahan utama pembuatan paving atau beton.

“Sekitar 10 ton sampah per hari bisa diopah, jadi jika mesin bisa bekerja maksimal bisa sangat membantu pengurangan permasalahan sampah dan mengurangi volume yang dibuang ke TPA Suwung,” ujarnya.

Selain itu pihaknya akan terus memantau dan memaksimalkan fungsi mesin sehingga tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Baca Juga:  Bergerak Amalkan HATINYA PKK

“Ini baru sebatas uji coba, tentunya masih ada perbaikan dan beberapa prosedur serta cara kerja yang lebih efisien sehingga fungsi mesin bisa beroperasi dengan maksimal,” ujarnya. (kb/rls)