Atensi Keamanan, Dandim Klungkung Ingatkan Ini

Klungkung
Foto: Dandim Klungkung saat kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester II Tahun Anggaran 2019, di Aula Makodim 1610/Klungkung, Selasa (03/12/2019).

KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon kembali mengingatkan tentang bahaya paham radikalisme dan juga adanya indikasi beberapa pihak yang ingin memecah belah persatuan bangsa, mengganggu keamanan serta ketertiban masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Dandim Klungkung kepada anggota satuan jajarannya dan sejumlah peserta undangan pada kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester II Tahun Anggaran 2019, di Aula Makodim 1610/Klungkung, Selasa (03/12/2019).

Dikatakannya, pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kemampuan para anggota termasuk Babinsa dalam pencapaian tugas pokok sehari-hari.

“Kita menginginkan para anggota utamanya Para Babinsa akan semakin memahami tugas dan tanggung jawabnya, maka dari itu kegiatan ini menjadi sangat penting,” ungkap Dandim.

Letkol Paulus Joni Simbolon juga menyinggung situasi terakhir di wilayah Kabupaten Klungkung, seperti adanya berita media sosial tentang perkelahian pelajar, persoalan minuman keras, kebakaran, pencurian, kasus tanah, terjadinya kecelakaan bagi wisatawan yang membutuhkan perhatian semua pihak, baik pemerintah, aparat keamanan dan masyarakat.

Sementara terkait Program Kodim 1610/Klungkung di Tahun 2019, yang sudah atau sedang dilaksanakan, antara lain, TMMD, KB Kesehatan, karya bakti, kepramukaan, pembinaan ketahanan wilayah dan pangan.

Terkhusus menjelang pelaksanaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Dandim mengajak semua pihak perlu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap
adanya aksi teror, radikalisme, berita hoaks, aksi kekerasan, perkelahian serta peredaran Narkoba.

“Perlu adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antara aparat dan komponen masyarakat, para tokoh dan mitra kerja di lapangan guna melakukan cegah dini dan deteksi dini terhadap adanya hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, guna tetap terciptanya situasi keamanan wilayah tetap kondusif,” tegas Dandim.

Dengan digelarnya pembinaan peta jarak jaring teritorial ini diharapkan para prajurit khususnya Babinsa dapat mewujudkan pembinaan mitra karib dalam rangka keberhasilan tugasnya, termasuk juga untuk lebih memperkokoh terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat.

Selain dari internal Kodim 1610/Klungkung, kegiatan pembinaan peta jarak jaring teritorial ini juga melibatkan Kadis Sosial Kabupaten Klungkung I Nengah Sudiartha, Kabag Kesra Kabupaten Klungkung I Wayan Winata, FKUB Kabupaten Klungkung, Pendeta Gereja GKII Pendeta Edy Mansyur, Perbekel se Kabupaten Klungkung, Perwakilan Bendesa Adat, Pecalang, Perwakilan dari PPM, Pramuka, Pol PP, RAPI Kecamatan Klungkung, tokoh masyarakat ,tokoh agama dan tokoh adat, Para Veteran, Dinas BPMDPKB Kabupaten Klungkung, UPTD Kecamatan Klungkung, Para Pensiunan TNI/KBT, serta undangan lainnya, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 75 orang peserta. (jus/kb)