Bali Kini Miliki 3 Lab PCR, Uji Swab Semakin Cepat

Denpasar
Foto: Gubernur Koster saat meninjau Lab PCR.

DENPASAR, Kilasbali.com – Bali kini memiliki tiga lab pemeriksaan PCR. Sebelumnya sudah ada lab di RSUP Sanglah Denpasar, kini ada dua lagi Lab PCR  yakni lab PCR RS PTN Unud dan lab PCR FKIK Universitas Warmadewa.

Dengan dua unit alat, RS PTN Unud dalam satu hari bisa menguji sekitar 300 sampel swab. Sedangkan lab Unwar sendiri dengan menggunakan satu alat memiliki kapasitas 40 uji sampel per hari.

Dengan dua tambahan Lab ini, diperkirakan Bali memiliki kapasitas uji sampel mencapai 450 sampel per hari. Karena ada di Sanglah digabung Unud dan Unwar.

Baca Juga:  Donor Plasma Konvalesen, Jadi Alternatif Sebelum Ditemukan Vaksin Covid-19

Gubernur Bali Wayan Koster berharap dengan berfungsinya lab ini, bisa mendukung pengujian spesimen Swab, yang bisa mempercepat keluarnya hasil, sehingga bisa segera memberikan kepastian status terhadap pasien yang diambil spesimennya, apakah positif ataukah negatif.

Sementara itu Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Anak Agung Gede Oka Wisnumurti berharap kedepan pemerintah bisa membantu dengan menambah lagi fasilitas alat, karena saat ini baru memiliki satu alat.

Sedangkan Rektor Universitas Warmadewa Prof.dr. Dewa Putu Widjana, DAP & E, Sp.ParK menyatakan pembangunan lab tersebut merupakan salah satu upaya partisipasi Unwar dalam mendukung pemerintah dalam mempercepat penanggulangan covid-19 di Bali. (sgt/kb)