Bangkitkan Semangat Nasionalisme, Pewarta Bagi-Bagi Bendera Merah Putih

Peristiwa Tabanan
Foto: Salah seorang Pewarta, Artha Jingga memasang bendera merah putih.

TABANAN, Kilasbali.com – Ada pemadangan lain dari hari biasanya di Lampu Merah Jalan Pahlawan depan Kantor Bupati Tabanan, Senin pagi (12/8/2019). Tampak beberapa orang berpakean hitam mendekati pengendara yang kebetulan berhenti di lampu lalulintas ini. Ternyata, mereka adalah Persatuan Wartawan Tabanan (Pewarta) yang terlihat sibuk membagi-bagikan sebanyak 178 lembar bendera merah putih kepada pengendara.

Ketua Perwarta, Donny Darmawan mengatakan, pembagian ratusan bendera merah putih yang dimulai sekitar pukul 09.30 WITA itu bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada tanggal 17 Agustus 2019.

“Dengan memasang bendera tidak hanya di rumah, tapi juga di kendaraan sehingga mampu membangkitan rasa nasionalisme kita,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu sarana untuk membangkitkan rasa nasionalisme adalah dengan memasang bendera merah putih. “Karena selama ini merah putih jarang dipasang di kendaraan menjelang HUT RI, untuk itu kami ingin membangkitkan gairah itu kembali,” tandasnya.

Dikatakannya, kendatipun kegiatan itu adalah langkah hal tidak besar, namun di saat kondisi bangsa dan negara yang membutuhkan rasa nasionalisme, hal kecil dan nyata ini sangat diperlukan.

“Kegiatan kita saat ini tidaklah sebanding dengan pengorbanan para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI. Para pejuang mengorbankan jiwa dan raga. Sekarang tugas kita melanjutkanya perjuangan tersebut meskipun dengan hal kecil seperti ini,” ujarnya.

Salah satu pengendara Wayan Budi (35) asal Tabanan mengucapkan terima kasih kerena telah diberikan bendera merah putih oleh Pewarta. “Kegiatan ini sangat baik dan positif. Semoga kegiatan seperti ini ditiru oleh elemen masyarakat lainya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tabanan I KG Sanjaya yang juga diberikan bendera merah putih dan memasangnya di mobil dinasnya, mengaku kegiatan yang dilakukan Pewarta sangat menginspirasi. “Ini luar biasa untuk menggugah anak muda generasi milineal,” jelasnya.

Ia mengajak semua komponen masyarakat membangkitakan sepirit perjuangan para pahlawan, salah satunya dengan memasang bendera merah putih.

Untuk itu pihaknya segera memerintahkan Sekda Tabanan membuat surat edaran yang isinya agar PNS di lingkungan Pemda Tabanan baik itu tingkat desa, kecamatan maupun kabuapten memasang bendera di kendaraanya.

“Kalau bukan kita siapa lagi, saya segara perintahkan kepada Pak Sekda membuat Surat Edaran agar seluruh pengawai mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten memasang bendera merah putih di kedaraanya,” pungkas Wabup Sanjaya. (kb)