Banjir Songan, Dandim Berbaur Bersihkan Lumpur

Bangli Sosial
Foto: Dandim Bangli tampak berbaur dengan masyarakat membersihkan drainase akibat banjir.

BANGLI, Kilasbali.com – Dandim 1626/Bangli, Letkol Himawan Teddy Laksono terjun langsung membantu warga membersihkan lumpur sisa banjir di Banjar Ulun Danu Songan Kintamani, Jumat petang (07/02/2020).

Banjir terjadi akibat hujan deras yang terjadi pukul 14.00 -17.30 Wita. Meluapnya air drainase membuat air naik mengenangi jalan sepanjang Banjar Ulun Danu Songan.

Kondisi ini diperparah oleh adanya air kiriman dari beberapa banjar tetangga seperti Blandingan, Pradi, Setinggi dan Banjar Batas.

Dampak dari hujan tersebut mengakibatkan terjadinya genangan air di Banjar Ulun Danu Desa Songan yang mengakibatkan hektaran tanaman bawang, tomat dan cabai milik masyarakat terendam lumpur, terutama yang berada di pinggir danau di seputar Ulun Danu Songan.

Tak hanya itu, banjir juga membuat jalan dari Banjar Desa sampai ke Pura Ulun Danu Songan tertutup lumpur setinggi kurang lebih 30 sentimeter.

Banjir juga merendam rumah warga masyarakat bernama I Wayan Kredek (50) yang berprofesi sebagai petani.

“Ketinggian air yang menggenangi rumah I Wayan Kredek setingg sekitari 40 centimeter,” kata Dandim yang karib disapa Letkol HTL itu, Sabtu (8/2/2020).

Bersyukur, Letkol HTL melanjutkan, banjir tak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja untuk kerugian materiil seperti tanaman bawang, tomat dan cabai milik petani yang terendam air.

Sementara itu, Letkol HTL langsung menerjunkan Babinsa untuk ikut aktif membantu warga.

Upaya yang dilaksanakan Babinsa Desa Songan bersama warga melaksanakan penyedotan air di rumah warga yang terdampak dengan mengunakan mesin penyedot air.

“Dengan kejadian ini kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada apabila terjadi hujan, terutama yang berada di daerah rawan longsor,” tutup Letkol HTL. (jus/kb)