Bantu PMI, Kodim Tabanan Sumbang 26 Kantong Darah

Tabanan
Foto: Donor darah di Kodim Tabanan.

TABANAN, Kilasbali.com – Di tengah mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) persediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) di wilayah Tabanan mulai menipis. Untuk itu, atas prakarsa Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto juga menggelar kegiatan donor darah, Jumat (03/04/2020) bertempat di Makodim 1619/Tabanan Jalan Katamso No 2 Tabanan.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan PMI Cabang Kabupaten Tabanan dengan melibatkan sekitar 45 orang personel beserta jajaran dengan mekanisme pelaksanaan secara bergantian, memperhatikan jarak sosial (Social Distancing), dan juga sudah sesuai dengan prosedur kesehatan yang ada.

Dandim Toni Sri Hartanto mengatakan, kegiatan ini murni dilaksanakan untuk membantu PMI Tabanan menyediakan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan, karena di tengah wabah Covid 19 ini stok darah sudah menipis.

Baca Juga:  Kabar Baik, Sembuh Bertambah 140 Orang

“Banyak yang membutuhkan, sedangkan darah yang masuk ke PMI sangat terbatas akhir-akhir ini,” terang Dandim.

Menurutnya bila nanti situasi memungkinkan maka laksanakan lagi secara berkala sesuai kemampuan dan juga pengerahan personel yang juga terbatas.

“Mudah-mudahan dengan adanya donor darah yang kita laksanakan ini dapat membantu ketersediaan darah di PMI Tabanan untuk masyarakat,” harapnya.

Baca Juga:  Putri Koster Ajak Pertahankan Tabanan sebagai Lumbung Padi Bali

Sementara itu, pihak PMI dr. Komang Ayu Wulandari mengatakan, dalam donor darah ini melibatkan 5 orang.

“Pengambilan darah pendonor ini dilakukan beberapa tahap yakni pengecekan tensi darah, kesehatan suhu tubuh dan juga HB darah,” jelasnya.

Dalam donor darah tersebut, daru 45 orang personel yang mendaftar didapatkan 26 kantong darah yang bisa diambil dengan rincian golongan darah A sebanyak 6 kantong, golongan darah AB sebanyak 3 Kantong, golongan darah B sebanyak 7 kantong dan golongan darah O sebanyak 10 kantong. (jus/kb)