Bantu PMI, Polres Tabanan Lakukan Donor Darah

Tabanan
Foto: Kapolres Tabanan tampak ikut mendonorkan darahnya.

TABANAN, Kilasbali.com – Untuk membantu ketersediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI), Polres Tabanan melakukan Bhakti Sosial Donor Darah di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan, yang diikuti oleh para perwira dan personil yang ditunjuk termasuk anggota Polsek jajaran, serta perwakilan ASN Polres Tabanan, Jumat (17/04/2020).

“Kegiatan ini adalah wujud kepedulian kita guna mengantisifasi merebaknya demam berdarah dan pandemi Covid-19, bhakti sosial dengan mendonorkan darah, kita diperuntukan bagi yang memang membutuhkan,” jelas Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S Siregar.

Tim Medis PMI Cabang Tabanan yang dipimpin dr. I Made Wida Prasetya mengatakan, yang ikut donor wajib mengisi formulir yang telah disiapkan.

Baca Juga:  Lindungi Hak Pilih Warga, KPU Tabanan Buka 144 Posko

“Setelah dilakukan pemeriksaan dokter baik itu cek tensi darah, hingga pemeriksaan hemoglobin darah, dan setelah dinyatakan sehat serta memenuhi syarat baru darahnya diambil,” ujarnya.

“Disamping itu para pendonor tidak habis minum obat antibiotik, tensi darah 100/60 – 140/90, HB darah 12,5 – 17, tidak menderita sakit, batuk, pilek, deman, tidak ada riwayat penyakit malaria dan hipetitis,” jelasnya.

Dalam donor darah tersebut, jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 49 orang. Namun setelah dilakukan pemeriksaan dorker yang memenuhi syarat untuk diambil darahnya sebanyak 24 orang.

Baca Juga:  Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada, Kapolda Bali Kunjungi Polres Tabanan

Sedangkan yang lainnya tidak memenuhi syarat, 1 orang HB tinggi dan 25 Hipertensi karena Tekanan darah tinggi dan minum obat antibiotik. (jus/kb)