Bedah Rumah Rampung, Kasdim Buleleng Serahkan Kunci

Buleleng
Foto: Nenek Ringin menerima kunci rumah.

BULELENG, Kilasbali.com – Kasdim 1609/Buleleng Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara menyerahkan secara simbolis kunci sebuah rumah hasil kegiatan kemitraan program bedah rumah tidak layak huni (RTLH) yang merupakan kerja sama dengan Buleleng Social Comunity (BSC), Rabu (04/12/2019).

Rumah semi permanen tersebut diberikan kepada salah seorang nenek berusia 60 tahun warga masyarakat kurang mampu bernama Ni Ketut Ringin asal Dusun Tonggak, Desa Tunjung, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng.

“Selama ini, Nenek Ringin tinggal bersama anak dan menantunya yang bekerja sebagai buruh serabutan dan hanya menempati satu bilik pondok dengan peralatan seadanya yang berdiri di atas lahan milik orang lain,” jelas Kasdim.

Melihat kondisi tersebut, kata Kasdim, Kodim Buleleng melalui Koramil 1609-02/Kubutambahan kemudian melaksanakan kerja sama dengan BSC untuk bersama-sama membantu menyiapkan rumah layak huni untuk kehidupan Nenek Ringin dan keluarganya.

Hal ini mendapat support dan dukungan secara langsung dari perangkat desa setempat sehingga selama sebulan Babinsa Desa Tunjung Serda Kadek Doni bersama warga setempat mampu membangun rumah semi permanen untuk Nenek Ringin walau belum sempurna.

“Salah satu kegiatan Kodim Buleleng dalam pembinaan teritorial yaitu menjalin kemitraan dengan BSC melalui misi sosial kemanusiaan yang telah berlangsung lama dan telah banyak membantu warga masyarakat yang kurang mampu di beberapa kecamatan di Kabupaten Buleleng,” ujarnya.

Dikatakannya, kepedulian para generasi muda Buleleng melalui BSC terhadap lingkungan masyarakat di sekitarnya betul-betul menginisiasi dan memotivasi mereka untuk berbuat dan berbagi untuk sesama.

“Kodim Buleleng selama ini menjadi salah satu mitra dan satuan yang bisa diajak dan ikut serta secara bergotong royong dalam mewujudkan keinginan BSC dalam membantu warga masyarakat yang kurang mampu,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara didampingi Danramil Tejakula Kapten Inf Sabar selaku Pembina BSC, juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung proses pembangunan rumah semi permanen untuk Nenek Ringin bersama keluarganya sehingga bisa segera ditempati.

Di hadapan keluarga, perangkat desa diantaranya Kadus Tonggak I Wayan Sudarman dan anggota BPD Tunjung Made Mustawan, Pembina BSC dan warga masyarakat sekitar, Kasdim Buleleng juga menginformasikan bahwa kegiatan penyerahan kunci rumah kali ini momentnya sangat baik dan tepat karena bertepatan dengan kegiatan bakti sosial kegiatan satuan dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD TA. 2019.

“Kodim Buleleng dalam memperingati Hari Juang TNI AD juga menggelar donor darah yang dilaksanakan pada hari yang sama di Makodim Buleleng dan rencana karya bakti pembersihan lingkungan pantai/sungai bekerja sama dengan Pemkab Buleleng maupun pemangku kepentingan (stakeholder) lain di Buleleng,” pungkasnya.(jus/kb)