Bentuk Generasi Muda Unggul, Kodim Karangasem Gelar Turnamen Pencak Silat

Karangasem Olahraga Seni Budaya Sosial
Bentuk Generasi Muda Unggul, Kodim Karangasem Gelar Turnamen Pencak Silat

KARANGASEM, Kilasbali.com – Untuk membangun sumber daya manusia (SDM), khususnya generasi muda yang kreatif, Kodim 1623/Karangasem menyelenggarakan Turnamen Seni Bela Diri Pencak Silat, Selasa (29/09/2020), di Lapangan Makodim Karangasem.

Kegiatan ini digelar dalam rangka program pembinaan teritorial yaitu Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Kodim 1623/Karangasem pada Tri Wulan III Tahun Anggaran 2020 dengan tema “Membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kreatif, Inovatif dan Adaptif”.

Turnamen Pencak Silat ini terlaksana atas kerjasama Kodim 1623/Karangasem dengan Persatuan Seni Pencak Silat (PSPS) Bhakti Negara Kabupaten Karangasem.

Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa membuka kegiatan tersebut yang dihadiri oleh Para Perwira, Staf, Danramil dan juga Wakil Ketua PSPS Bhakti Negara Kabupaten Karangasem I Ketut Gunaksa serta para pembina dari masing-masing ranting dari wilayah Karangasem yang menjadi pendamping bagi para Atlet Pencak Silat yang bertanding.

Baca Juga:  Dorong Pengusaha Jaga Kelestarian Alam

Para Pesilat dari ranting kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem bertanding untuk masing-masing menampilkan seni beladiri gerakan atau jurus pencak silat secara perorangan dan beregu baik putra maupun putri yang dinilai oleh para dewan juri yang sudah ditunjuk oleh penyelenggara.

Menurut Dandim, tujuan dari turnamen seni bela diri pencak silat ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dalam rangka membentuk sumber daya manusia kreatif, inovatif dan adaptif.

“Adapun sasarannya adalah sebagai ajang silaturahmi dan komunikasi dengan komponen masyarakat khususnya perguruan pencak silat. Kemudian sebagai ajang untuk mencari bibit dan menggali potensi yang dapat dikembangkan dalam rangka memajukan pencak silat”, jelasnya.

Baca Juga:  Sakit di Tengah Pandemi, Warga Gianyar Syukuri Yankes Gratis

Ditambahkan Dandim, kegiatan ini bukan sekadar untuk mencari juara, tetapi untuk meningkatkan motivasi terhadap para peserta yang mengikuti turnamen ini.

“Harapan kita agar generasi muda bisa dibina mentalnya agar kreatif dalam mengembangkan sumber daya manusianya untuk menjadi lebih unggul,” harap Dandim.

Melalui kegiatan Komsos yang dikaitkan dengan kearifan lokal bangsa seperti pencak silat generasi muda secara umum dapat berpartisipasi dalam bidang pertahanan, cinta NKRI demi kemajuan bangsa melalui pelestarian kesenian tradisional serta melalui kegiatan positif.

Baca Juga:  Gegara Virus PBK, Petani Kakao Tanam Kopi

“Jadilah seorang atlet yang tidak arogan dan emosional, serta selalu rendah hati,” pintanya.

Dandim juga berpesan, adanya wabah Covid-19 ini maka harus selalu disiplin untuk mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun guna mencegah penularannya.

Pada kesempatan tersebut Dandim bersama Wakil ketua PSPS Bhakti Negara Kabupaten Karangasem I Ketut Gunaksa menyerahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada para pemenang turnamen baik perorangan maupun beregu.

Pada akhir kegiatan Dandim juga menyerahkan paket sembako kepada perwakilan putra dan putri peserta turnamen serta mensosialisasikan tentang rekrutmen dan persyaratan mengikuti seleksi menjadi Anggota TNI-AD. (jus/kb)