Binnary Budayana dan Dekde, Pamerkan 55 Karya Kontemporer

Denpasar
Foto: Instalasi karya Dekde.

DENPASAR, Kilasbali.com – Sebanyak 55 karya seni lukis dan satu karya instalasi dipamerkan dalam Pameran Seni Rupa Binnary di Galeri Bukuku jalan Nangka Selatan 29 A Denpasar, Bali dari (13/3/2020).

Di mana pameran karya dua seniman muda I Wayan Gede Budayana dan I Gede Jaya Putra (Dekde) ini, dibuka oleh Ketua STD Bali, Made Arini Hanindharputri.

Karya yang dipamerkan pun cukup unik dan menarik untuk dinikmati. Seperti karya Budayana yang ia sebut sebagai gambar.

Foto: Budayana saat memberi keterangan kepada awak media.

Karena karya seninya ini hanya menggunakan bulpoint dan kertas. Bahkan, kebanyakan ia menggunakan karton sebagai medianya.

“Karya saya ini adalah pengalaman pribadi. Di mana saya yang tinggal di sawah, kini tidak bisa lagi memandangi hamparan sawah karena beralih fungsi menjadi perumahan,” ungkapnya.

Sementara Dekde, memamerkan karya-karya yang juga berasal dari pengalaman pribadi, yakni tentang prewdding-nya dengan sang istri yang merupakan keturunan Tiongkok.

Dari tiga karyanya yang ingin mendobrak seni, iapun menampilkan karya instalasi perpaduan pakean adat antara perkawinan Tiongkok dengan Bali.

Nuansa merah pun kental dalam karya yang dipajang lengkap dengan dua orang model laki dan perempuan.

Foto: Para tamu undangan tampak berfoto bersama dengan para seniman.

“Ini adalah cerminan saya dengan sang istri. Termasuk dalam penggarapannya juga saya melibatkan istri,” tuturnya.

Pameran Seni Rupa Binnary, Budayana dan Dekde ini akan berlangsung selama satu bulan. Yakni 13 Maret – 13 April 2020. Di mana pameran ini terbuka untuk umum, dan sangat menarik untuk dikunjungi. (jus/kb)