Buka Mahasabha Sira Arya Gajah Para, Gubernur Koster Ajak Bersatu Bangun Bali

Ceremonial Klungkung Seni Budaya Tokoh
Gubernur Bali Wayan Koster
  • Pelantikan Bupati Jembrana

  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021

KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster mengajak Pratisentana Sira Arya Gajah Para bersatu membangun Bali sesuai dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali asal Desa Sembiran Buleleng ini. saat membuka secara resmi Mahasabha Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas pada, Jumat (12/2/2021).

“Mahasabha ini sangat penting dilaksanakan untuk memperkuat jati diri kita sebagai warga Bali, sekaligus momentum untuk menyatukan kekuatan membangun Bali, mengingat Bali merupakan Pulau yang kecil,” ujarnya.

Baca Juga:  Bangun WBK, Rutan Bangli Deklarasikan Janji Kinerja

“Namun alam Bali dianugerahi kekayaan yang luar biasa dengan alamnya yang indah, dengan manusianya yang unggul, dan budayanya yang luhur, untuk itu apa yang sudah menjadi warisan leluhur kita harus dijaga dan dilindungi,” lanjutnya.

Gubernur Koster menceritakan, berdasarkan sejarah peradaban Bali mulai dari Bali Kuno sampai dengan hasil ‘research’ para ilmuan yang dia baca, disebutkan orang Bali itu termasuk orang yang unggul.

“Keunggulan orang Bali dapat kita lihat dari hasil kebudayaannya yang kaya, unik dan sampai saat ini dikenal dunia,” ungkapnya.

Baca Juga:  Update Pasien Covid-19 di Kota Denpasar, Positif 161 Orang

Gubernur Koster berharap, Mahasabha ini berjalan lancar, dan dijadikan momentum untuk menyatukan kekuatan Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas.

Sementara itu, Ketua Panitia Mahasabha Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas, I Ketut Suadnyana mengatakan, Mahasabha ini digelar berdasarkan AD/ART warga Sira Arya Gajah Para dengan tujuan untuk mempererat persaudaraan pratisentana di seluruh Indonesia, selain juga untuk membentuk kepengurusan pusat.

“Hingga saat ini ada pengurus Pura Kawitan, Pura Dadia sebanyak 158 dadia yang tersebar di Bali, Lombok, Kalimantan dan Sumatera,” kata Suadnyana.

Baca Juga:  Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar Agar Data Para Lansia Ikuti Vaksinasi Covid-19

Lanjut dia, Mahasabha ini digelar untuk memastikan jalannya Dharma Agama dan Dharma Negara warga Sira Arya Gajah Para dengan mengangkat tema ‘Melalui Mahasabha Kita Kembangkan Jiwa dan Semangat untuk Membangun Bali Menuju Sat Kerthi Loka Bali dengan Spirit Bhakti, Satya, Wirang’. (kas/rls/kb)