Bupati dan Dandim Karangasem Panen Jagung Hibrida

Karangasem Peristiwa
Bupati dan Dandim Karangasem Panen Jagung Hibrida

KARANGASEM, Kilasbali.com – Selain aktif melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, jajaran Kodim 1623/Karangasem juga turut berpartisipasi mengatasi dampak yang ditimbulkannya. Diantaranya memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Karangasem dengan penanaman jagung hibrida.

Inovasi inipun membuahkan hasil. Di mana Kodim 1623/Karangasem bersama Pemkab Karangasem menggelar panen raya jagung pada Senin, (27/07/2020).

Panen raya berupa jagung jenis hibrida digelar di lahan seluas 11,5 hektar milik Subak Bale Punduk Kaler, Desa Tegal Linggah, Kecamatan Karangasem.

Hadir langsung pada acara panen tersebut Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa, Kapolres Karangasem diwakili Kapolsek Karangasem Kompol I Ketut Suartika Adnyana, Kadis Pertanian I Wayan Supandhi, Kadis Perdagangan I Wayan Sutrisna, Plt. Kadis Pariwisata I Putu Arnawa, Camat Karangasem Cokorda Alit Surya Perbawa, Danramil 1623-01/Karangasem Kapten Inf. Arif Budi Santosa, Perbekel Bale Punduk I Gede Sudiarsa serta anggota Subak Punduk Kaler

Baca Juga:  Bupati Eka Serahkan Bantuan Kepada Pemangku dan Pasutri Desa Angseri

Bupati Karangasem mengatakan, kegiatan petani merupakan prioritas bagi pemerintah daerah karena untuk kepentingan ketahanan pangan di Kabupaten Karangasem.

“Saya minta agar pertahanan pangan yang sudah baik ini dan dilanjutkan. Kalau yang belum baik mari kita tata bersama-sama dengan Subak dan petaninya. Kita ingin petani terus mendapat perhatian utama dari pengusaha, BUMN maupun dari pusat,” ujarnya.

Bupati juga sempat menanyakan permasalahan yang ada. Kalau mau penanaman maka sebelumnya sudah mengajukan ke pemerintah agar bisa ditindaklanjuti ke pusat dan betul-betul terdata.

Baca Juga:  18 Pelanggar Prokes di Kelurahan Sesetan Disanksi Bersih Lingkungan

Seperti masalah pupuk dan bibit harus tetap dapat yang bersubsidi. Untuk itu Bupati mengajak para petani mulai sekarang mari mengasah pikiran agar kita semua sukses menjadi petani.

Sementara Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa mengatakan, menghadapi pandemi Covid-19, salah satu upayanya adalah dengan meningkatkan ketahanan pangan.

“Karena tanpa pangan kita akan menjadi lemah dan tentunya dalam menghadapi semua ini kita juga jangan lengah dan harus selalu menerapkan protokol kesehatan menghadapi Covid-19, menggunakan masker, cuci tangan dan social distancing atau physical distancing,” ajaknya.

Menurutnya, saat ini kelompok tani merupakan pasukan terdepan dalam ketahanan pangan serta dalam menghadapi Pandemi Covid-19. “Saya harapkan para petani dapat meningkatkan kesejahteraannya dan juga masyarakat”, imbuhnya.

Baca Juga:  Di Masa Pandemi, Polisi Bekuk Enam Terduga Penyalahgunaan Narkoba

Sedangkan Kelian Subak Punduk Kaler I Ketut Oka sangat berterima kasih atas kedatangan bupati beserta jajaranya dan juha Dandim Karangasem beserta anggota atas kepeduliannya kepada para petani.

“Untuk diketahui yang menjadi kendala kami yaitu belum ada toilet di balai subak. Kemudian untuk bendungan tempatnya sangat jauh, saluran banyak terbendung, untuk pola tanam kami tidak menanam padi secara terus menerus karena terkendala air. Dan kami sangat berharap kepada Pemkab Karangasem dan Kodim 1623/Karangasem agar tetap memberikan bantuan secara berlanjut,” harapnya. (jus/kb)