Cara Efektif untuk Tanamkan Nasionalisme

Gianyar Pendidikan
Foto: Anggota Babinsa Tegalalang Sertu I Wayan Sudanayasa saat menjadi Irup di SMPN 1 Regalalang.

GIANYAR, Kilasbali.com – Program pemberdayaan generasi muda yang berwawasan kebangsaan terus digelorakan oleh Jajaran Kodim 1616/Gianyar dengan kegiatan yang langsung menyentuh kepada generasi muda yang berada di sekolah-sekolah dengan menyampaikan pesan-pesan berkaitan penumbuhan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda pelajar.

Salah satu kegiatan yang paling mudah dan efektif dilakukan untuk menyampaikan wawasan kebangsaan bagi generasi muda adalah melalui kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di sekolah-sekolah.

Hal tersebut dilakukan oleh Babinsa Tegalalang Sertu I Wayan Sudanayasa yang merupakan anggota Koramil 1616-06/Tegalalang di Sekolah SMP Negeri 1 Tegallalang, Senin (09/03/2020).

Saat memberikan arahan di hadapan para siswa-siswi sekolah tersebut, Sertu I Wayan Sudanayasa menyampaikan untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan bagi generasi muda sejak di bangku sekolah, hal yang paling simpel dan efektif dilaksanakan adalah melalui upacara bendera.

Menurutnya, selaku anak bangsa wajib menghormati simbol-simbol negara seperti halnya menghormati Bendera Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya dan yang lainnya.

“Saya mengajak peserta upacara untuk tetap memelihara rasa nasionalisme sebagai upaya bela negara agar Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tetap berdiri kokoh,” kata Sertu I Wayan Sudanayasa.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tegallalang I Wayan Surana. S.Pd.,M.M., memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Babinsa yang telah melakukan pembinaan ke sekolahnya dengan menjadi inspektur upacara bendera kali ini.

“Hari ini Bapak Babinsa menjadi Irup di sekolah kami, pesan-pesan yang disampaikan akan menambah wawasan bagi para siswa-siswi,” ungkap I Wayan Surana.

“Kedepannya kegiatan yang positif ini dapat ditingkatkan lagi sehingga pelaksanaan upacara bendera di sekolah kami dapat lebih hikmat dan bisa memberikan motivasi dan semangat baru kepada siswa-siswi kami,” harapnya.

Upacara bendera tersebut diikuti sebanyak 400 orang peserta yang terdiri dari Para Guru Pengajar, Staf Tata Usaha Sekolah dan Siswa-siswi Kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 1 Tegalalang. (jus/kb)