Cegah Corona, Perbekel dan Dokter Bagikan Masker

Sosial Tabanan
Foto: Pembagian masker di Kukuh.

TABANAN, Kilasbali.com – Perbekel Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, I Made Sugianto, gencar sosialisasikan penggunaan masker ke masyarakat. Sosialisasi digelar saat subuh menyasar ibu rumah tangga yang berbelanja di warung kelontong dan masyarakat yang berolahraga di Alas Kedaton.

Dalam sosialisasi tersebut, Perbekel Kukuh juga menggandeng dokter I Gusti Bagus Kurniawan untuk menyampaikan materi sosialisasi dan bagikan masker gratis.

Made Sugianto mengatakan, animo masyarakat Desa Kukuh olahraga pagi cukup tinggi. Maka terjadilah kerumunan massa di areal Daya Tarik Wisata Alas Kedaton. Mereka yang berolahraga tak hanya masyarakat Kukuh, namun juga ada dari desa tetangga yakni Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri. Seiring tingginya minat masyarakat berolahraga, namun mereka kurang sadar menggunakan masker.

Baca Juga:  Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada, Kapolda Bali Kunjungi Polres Tabanan

“Saya ditelepon oleh dokter Bagus Kurniawan untuk sosialisasi. Beliau siapkan materi sosialisasi dan sediakan masker untuk dibagi-bagi secara gratis. Maka kami berdua sosialisasi saat subuh,” ungkap Made Sugianto, Jumat (10/4/2020).

Sosialisasi subuh dimulai sejak Kamis pagi. Saat sosialisasi banyak warga, tua muda, laki, dan perempuan, ‘terciduk’ tanpa masker. Maka perbekel dan dr Bagus Kurniawan bagikan masker dan mengingatkan mereka untuk pakai masker jika keluar rumah dan jaga jarak minimal 2 meter.

“Mari saling melindungi dengan menggunakan masker,” seru dr Bagus Kurniawan yang kesehariannya tugas di Puskemas Penebel II ini.

Baca Juga:  11 Pelanggar Terjaring Operasi Prokes di Tabanan

Warga juga diingatkan untuk rajin cuci tangan pakai sabun pada air mengalir. Jika baru pulang dari bepergian untuk ganti baju, cuci pakaian, dan mandi sebelum berkumpul dengan keluarga.

dr Bagus Kurniawan telah memesan ribuan masker kain untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat. Pada Kamis pagi telah bagikan 100 pcs masker. Pada Jumat pagi bagikan 100 pcs masker lagi dan sore harinya sambil jalan kaki melintasi Banjar Munggal, Banjar Dalem Kerti, dan Banjar Batanwani dengan membagikan 250 masker. Pecalang yang tugas ronda juga diberikan masker untuk keamanan bersama.

“Saya turun bersama perbekel untuk bersama-sama menyadarkan masyarakat menggunakan masker,” ungkap alumnus SMAN 1 Tabanan ini. (*/kb)