Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Anggota Kodim Klungkung Dites Urine

Klungkung
Foto: Test urine anggota Kodim Klungkung.

KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Kasus Narkoba belakangan ini marak terjadi. Bahkan pelakunya dari semua kalangan tanpa memandang status sosialnya. Kondisi itupun tidak menutup kemungkinan terjadi di lingkungan TNI.

Guna mencegah peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, khususnya bagi anggota Kodim 1610/Klungkung, sebanyak 75 anggota Kodim ini dites urine.

Di mana kegiatan tersebut dikoordinir oleh Staf Intelijen Kodim 1610/Klungkung yang juga diawasi langsung oleh Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E., M. Tr, (Han), di Makodim setempat Jalan Ahmad Yani No. 2, Semarapura, Klungkung, Jumat (27/9/2019).

Dandim menjelaskan, test urine ini dilakukan secara berkala dan bersifat insidentil.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk antisipasi beredarnya dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan satuan yang dipimpinnya termasuk lingkungan keluarganya.

“Hari ini kita laksanakan test urine untuk memastikan sekaligus mengatisipasi agar anggota tidak melakukan penyalahgunaan narkoba,” tegas Dandim

Dikatannya, dari hasil tes yang dilakukan terhadap 75 orang anggota tersebut, belum ditemukan anggota yang terindikasi positif melakukan penyalahgunaan Narkoba.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga menegaskan bahwa komitmen TNI untuk memerangi narkoba termasuk jika ada anggota yang terbukti menyalahgunakan narkoba, maka akan diproses secara hukum sampai sanksi terberatnya adalah pemecatan.

“Kegiatan ini kita lakukan agar anggota Kodim terbebas dari narkoba, sehingga dapat menjadi contoh kepada masyarakat dan lingkungannya,” pungkas Dandim. (jus/kb)