Cek Kesiapan Lahan Tanaman Porang di Jembrana, Kodam Udayana Turunkan Tim Asistensi

Jembrana
Cek Kesiapan Lahan Tanaman Porang di Jembrana, Kodam Udayana Turunkan Tim Asistensi

JEMBRANA, Kilasbali.com – Tim Asistensi Kodam IX/Udayana turun langsung meninjau lahan tanaman porang yang terletak di Blok F dan G Perusda Provinsi Bali Unit Pekutatan dengan luas lahan 32 Hektar, Selasa (05/1/2021)

Tim Asistensi Pangdam IX/Udayana yang hadir diantaranya Aslog Kasdam IX/Udayana Kolonel Cpl Simon Petrus Kamlasi, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Made Maha Patra, Ketua Tim Supervisi Tanaman Porang Resa beserta anggota.

Kedatangan Tim Asistensi tersebut bertujuan untuk mengecek langsung kesiapan lahan tanaman porang dalam rangka ketahanan pangan Kodam IX Udayana.

Sebelum meninjau ke lokasi, Tim Asistensi terlebih dahulu transit di Koramil 1617-04/Pekutatan. Kedatangan Tim Asistensi disambut langsung oleh Dandim 1617 Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.sos., Danramil 1617-04 Pekutatan Kapten Inf Tri Winarto, Kapolsek Pekutatan diwakili Panit Bimas AKP I Gusti Putu Sutama, Dansubdenpom IX/3-2 Negara Kapten Cpm Doni Kristian, S.H., Pasi Inteldim 1617/Jembrana Lettu Czi Ida Bagus Made Putra, Dan Unit Inteldim 1617 Jembrana Letda Inf I Made Sujana Arianta, Pasandi Dim 1617 Jembrana Letda Inf Saifuddin Zuhri, Calon Bupati Jembrana terpilih I Nengah Tamba, S.H., Kepala Sub Unit Perusda Provinsi Bali Unit Pekutatan I Wayan Sudarsana, Anggota Koramil 1617-04Pekutatan. Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXVI Kodim 1617 Jembrana beserta anggota serta Komunutas Offroad Jembrana.

Di hadapan Tim Asistensi, Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.sos., memaparkan tentang situasi dan kondisi areal Perusda Provinsi Bali Unit Pekutatan yang akan dijadikan lokasi penanaman tanaman porang dalam rangka ketahanan pangan Kodam IX/Udayana.

Selesai pemaparan oleh Dandim, Tim kemudian menuju lokasi guna melakukan pengecekan kesuburan tanah. Dari hasil pengecekan tersebut tanah yang akan dijadikan lahan penanaman porang dinyatakan subur dan baik untuk ditanami tanaman porang.

Setelah melakukan pengecekan kesuburan tanah Tim Asistensi Kodam IX/Udayana didampingi Dandim 1617/Jembrana menuju Banjar Yeh Kuning, Desa Pekutatan untuk melaksanakan tatap muka dengan kelompok tani tanaman Porang.

Aster Kasdam IX Udayana Kolonel InfI Made Maha Patra dihadapan petani porang mengatakan bahwa kedatangan Tim Asistensi ke lokasi guna meninjau secara langsung kesiapan lahan dan mengecek kesuburan tanah.

“Dari hasil pengecekan tersebut tanah dinyatakan subur serta lebih bagus dari lokasi yang ada di Kediri Jawa Timur sehingga diharapkan memperoleh hasil yang lebih baik,” tegas Aster.

Para petani nantinya akan langsung diberikan gambaran bagaimana tehnik dan cara penanaman porang sehingga para petani yang akan menggarap lahan seluas 32 hektar tersebut serta memahami cara penanaman porang dengan baik.

“Harapan ke depan masyarakat atau kelompok tani sudah bisa mandiri. Apabila lahan seluas 32 Hektar nantinya sukses tentunya akan disiapkan lahan yang lebih luas lagi serta akan didukung sepenuhnya oleh Bupati Jembrana terpilih,” tandas Aster Kasdam IX/Udayana. (jus/kb)