Cok Ace Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Ceremonial Tabanan
Cok Ace Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

TABANAN, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, Tabanan, Minggu (16/8/2020).

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dimulai tepat pukul 00.00 WITA diikuti oleh Kesatuan TNI, Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Bali, serta peserta lainnya.

Apel kehormatan ini dimulai dengan penghormatan arwah para pahlawan dilanjutkan dengan pembacaan apel kehormatan dan renungan suci oleh Wakil Gubernur Bali.

Baca Juga:  Cegah Banjir, Pasukan Biru Prokasih DPUPR Kota Denpasar Lakukan Ini

“Hormat yang sebesar-besarnyaatas keikhlasan dan kesucian pengorbanan sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan Negara dan Bangsa. Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan bagi kami pula,” ujar Cok Ace yang membacakan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Untuk diketahui, Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dimaksudkan untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam pembacaan naskah tersebut, terungkap bahwa sejumlah 633 pejuang. Terdiri dari TNI, Polri dan PNS, Pejuang Rakyat sebanyak 253 orang dan pahlawan tak dikenal sebanyak 9 orang. Di mana mereka berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan dimakamkan di Taman Makam Pancaka Tirta.

Baca Juga:  Sampaikan Semangat Perubahan, Paslon Ambara Blusukan di Pasar Phula Kerti Sanglah

Apel kehormatan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dan pembacaan doa. Hadir pula sebagai peserta apel Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Wakil Bupati Tabanan, DPRD Kabupaten Tabanan, Perwira Menengah TNI/POLRI, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dan Undangan lainnya. (tim/kb)