Cuaca Buruk di Selat Bali, Truk Muatan Kapal Rebah Timpa Truk Box

Jembrana Peristiwa
Foto: Evakuasi truk rebah.

JEMBRANA, Kilasbali.com – Satu unit truck DK 8681 WD muatan kapal KMP Liputan XII, rebah di tengah pelayaran Selat Bali, Kamis, (26/9/2019) sekitar pukul 16.30 WITA. Diduga guncangan membuat tali pengikat (lasing) terputus, sehingga truck yang memuat pakan ayam itu rebah ke kanan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh kapal yang melayani pengguna jasa penyeberangan lintas Jawa-Bali ini tengah berlayar, setelah beberapa saat lepas sandar dari dermaga LCM Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Diawal pelayarannya, KMP milik perusahan pelayaran PT Segara Luas Sukses Abadi ini tidak mengalami kendala apapun.

Namun saat kapal yang dinahkodai Yusuf G.E. Jalmav berlayar menuju dermaga LCM Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, terjadi ombak tinggi.

Sehingga meyebabkan tali lasing putus dan truk yang terparkir itu rebah ke kanan dan menimpa truck tronton box nomor polisi B 9595 PEU yang ada di sebelahnya.

Kepala UPP/Syahbandar Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, I Ketut Aryadana mengatakan, kejadian truck terguling tersebut terjadi saat kapal mencari haluan.

Menurutnya, karena kondisi ombak yang cukup tinggi menyebabkan kapal oleng, sehingga salah satu truck tronton terguling.

“Evakuasi truck yang terguling tersebut dilakukan setelah kapal melakukan bongkar muatan lainnya,” katanya.

Dikatakannya, setelah dilakukan pengecekan oleh petugas KPLP Gilimanuk, kejadian tersebut murni akibat cuaca buruk dan ombak tinggi pada saat air pasang. (gus/kb)