Cuaca Ekstrim, Dapur Tergerus, Longsor dan Pohon Tumbang

Gianyar Peristiwa
Foto: Dapur tergerus longsor di Desa Bedulu, Blahbatuh.

GIANYAR, Kilasbali.com – Bencana longsor dan pohon tumbang masih menghantui warga Gianyar lantaran cuca ekstrim di awal tahuan 2021 ini. Dalam sehari, Rabu (6/12/2021), tercatat ada tiga laporan bencana di wilayah Gianyar.

Mulai dari dapur warga yang tergerus longsor, tebing longsor dan pohon tumbang di Jalan By Pas IB Mantra. BPBD Gianyar dan Jajaran Polres Gianyar pun mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

Di Desa Bedulu, Blahbatuh, dapur milik Gusti Nyoman Wisata dilaporkan amblas sedalam tiga meter. Tidak hanya itu, pondasi bangunan rumahnya juga ikut tergerus, sehingga bangunan dalam posisi menggantung. Karena masih trauma dan khawatir, sekeluarga terdiri dari lim orang pilih ngungsi sementara di rumah kerabatnya.

Baca Juga:  Surat Edaran Bersama PHDI dan MDA Pelaksanaan Rangkaian Hari Raya Suci Nyepi Tahun Saka 1943

Musibah tersebut terjadi Rabu dinihari, dan saat itu Gusti Nyoman nyaris ikut terseret. Karena dapurnya tergerus sesaat setelah dirinya beranjak dari dapur membawa panci berisi bubur. Amblasnya dapur terjadi seketika disertai suara gemuruh yang bahkan terdengar sampai tetangga sekitar.

Tidak banyak barang yang bisa diselamatkan. Sebab, seisi dapur berikut atapnya sudah rata dengan tanah. Dapur yang amblas berukuran 6 x 6 meter dengan tembok di segala sisi dan atap spandek. Kini, yang dikhawatirkannya kamar tidur dan kamar mandinya yang kini menggantung.

 

Foto: Tanah longsor di Jalan Raya Penestanan, Desa Sayan, Ubud.

 

Sementara itu, tanah longsor juga terjadi di Jalan Raya Penestanan, Desa Sayan, Ubud. Jalan yang menghubungkan Desa Sayan dengan Kelurhan Ubud melalui Campuhan Ubud pun sempat tertutup material longsor.

Baca Juga:  Gegara Aplikasi SIPD Depdagri, ASN Gianyar Merana

Bersama BPBD Kabupaten Gianyar, aparat kepolisian pun melakukan upaya pembersihan material longsoran dari badan jalan, agar kendaraan bisa melintas serta melaksanakan pengaturan arus lalin guna mencegah terjadinya kemacetan akibat dampak dari tanah longsor tersebut.

Dalam hitungan dua jam, ini material longsoran yang menutupi badan jalan sudah dapat diatasi dan dibersihkan dan arus lalin sudah kembali normal.

 

Foto: Pohon tumbang di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra.

Pada hari yang sama, pohon tumbang kembali terjadi di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Sykurnya kali ini tidak menimpa pengguna jalan yang melintas.

Baca Juga:  Diduga Pretima Berceceran di Bendungan Bandung

Petugas BPBD dan jajaran Polsek Blahbatuh juga merespon cepat laporan warga. Bangkai pohon yang menghalangi sebagian badan jalan di Jl By Pass ini langsung dibersihkan.

Kasubag Humas polres Gianyar AKP I Nyoman Hendrajaya mengungkapkan, musim hujan yang intensitasnya tinggi mengakibatkan rawan longsor pada struktur tanah yang miring.

“Atas kejadian ini tidak ada korban jiwa dan material baik longsor di Ubud dan dahan tumbang di jalan Ida Bagus mantra. Namun kami meminta masyarakat tetap waspada selama musim ekstrim ini,” wantinya. (ina/kb)