Dandim Bangli: Babinsa Harus Jadi Spirit Bagi Petani

Bangli
Foto: Babinsa saat mendampingi petani di wilayah Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli.

BANGLI, Kilasbali.com – Dandim 1626/Bangli Letkol Inf Himawan Teddy Laksono menjelaskan, kegiatan pendampingan kepada kelompok tani atau subak merupakan implementasi dari kerjasama antara Kementerian Pertanian RI dengan TNI.

Sebagai kepanjangan tangan dari satuan atas, pihaknya memerintahkan Para Babinsa untuk senantiasa melaksanakan pengawalan dan pendampingan kepada kelompok tani atau subak yang ada di wilayah Bangli dengan harapan swasembada pangan dapat terwujud.

Demikian dijelaskan Dandim Bangli terkait peran Para Babinsanya dalam membantu para petani dalam mewujudkan program swasembada pangan, di Kantor Makodim, Kamis (26/9/2019).

“Dengan kehadiran TNI dalam hal ini para Babinsa di lapangan diharapkan menambah spirit petani dalam mengolah lahan sawahnya. Oleh karena itu Babinsa harus merangkul Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) sebagai kepanjangan pemerintah di lapangan sehingga bisa berjalan seirama dalam memajukan pertanian di wilayahnya,” tegas Dandim.

Menurutnya, untuk menyangga ketahanan pangan di wilayah Bangli dan Bali serta meningkatkan hasil produktivitas petani, maka peran aktif para Babinsa sangat penting.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Susut Koramil 1626-02/Susut, Sertu Ketut Rediada yang melaksanakan pendampingan pengolahan lahan di Subak Juuk Bali.

Pengolahan lahan yang dilaksanakan membantu petani itu merupakan komitmen bersama antara TNI, Pemerintah Daerah dan kelompok tani atau subak dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Bangli.

Sebagaimana diketahui bahwa di wilayah Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli merupakan daerah yang memiliki luas lahan pertanian paling luas.

“Hasil pertanian disini cukup bagus sehingga diharapkan menjadi penyangga daerah Bangli dan juga daerah lainnya di Bali,” ujar Sertu Ketut.

Dirinya merasa senang dapat membantu petani dalam pengolahan lahan dan berkomitmen untuk membantu petani paska pengolahan lahan sampai dengan panen.

Babinsa asal Tampaksiring Gianyar tersebut akan berupaya semaksimal mungkin membantu petani dalam rangka pendampingan. (jus/kb)