Dandim Jembrana Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Tempat Ibadah

Jembrana Sosial
Dandim Jembrana Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Tempat Ibadah

JEMBRANA, Kilasbali.com – Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruma, S.Sos. turun langsung mengecek penerapan protokol kesehatan COVID-19 di tengah aktivitas Umat Hindu melaksanakan persembahyangan perayaan Hari Raya Galungan, Rabu (16/09/2020).

Hal tersebut dilakukan Dandim guna memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan COVID-19 tetap berjalan meskipun saat ini masyarakat Jembrana yang beragama Hindu tengah melaksanakan persembahyangan dalam rangka Hari Raya Galungan.

Pada pantauan tersebut, Dandim mendatangi beberapa pura yang menjadi pusat aktivitas persembahyangan umat Hindu di Kabupaten Jembrana seperti Pura Jagatnatha, Pura Dalem Mendoyo, Pura Majapahit, Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi dan Pura Dalem Banjar Tengah.

Baca Juga:  ASN Pemkot Denpasar Ikuti Zona Resiko Wilayah

“Saat ini Umat Hindu tengah merayakan Hari Raya Galungan, di mana dalam perayaan hari raya tersebut Umat Hindu di Jembrana akan melaksanakan persembahyangan di beberapa Pura yang tersebar di wilayah Jembrana, hal tersebut akan menimbulkan terjadinya mobilitas orang dalam jumlah besar sehingga perlu adanya pemantauan serta pengecekan secara langsung terkait penerapan protokol kesehatan,” jelas Dandim.

Baca Juga:  4.000 Orang Akan Promosikan Bali Lewat Edutrip We Love Bali

Menurut dia, penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan persembahyangan penting dilakukan di tengah situasi Pandemi COVID-19 saat ini agar tidak memunculkan kluster baru.

“Kita berharap Umat Hindu bisa melaksanakan persembahyangan Hari Raya Galungan dengan penuh khidmat dan merayakan bersama keluarga dengan aman serta terhindar dari COVID-19”, imbuh Dandim.

Dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan COVID-19 menjelang perayaaan Hari Raya Galungan dan Kuningan di wilayah Jembrana, pihaknya telah memerintahkan seluruh Koramil Jajaran Kodim 1617/Jembrana melalui peran Babinsa di wilayah binaan masing-masing untuk mengoptimalkan pemantauan serta pendisipilinan masyarakat terutama di tempat-tempat ibadah (pura) yang menjadi pusat persembahyangan Umat Hindu dengan tetap berkoordinasi dengan aparat terkait seperti Bhabinkamtibmas dan Pecalang desa adat setempat.

Baca Juga:  Tetap Disiplin, Transmisi Lokal 144 Orang

“Saya sudah perintahkan kepada seluruh Babinsa di samping merayakan Hari Raya Galungan agar tetap melaksanakan pemantauan dan pendisiplinan kepada warga dalam pelaksanaan persembahyangan di masing-masing Pura. Protokol Kesehatan COVID-19 agar tetap dipatuhi,” tegas Dandim. (jus/kb)