Dandim Tabanan Ajak Masyarakat Budidaya Lele dan Kangkung

Tabanan
Dandim Tabanan Ajak Masyarakat Budidaya Lele dan Kangkung

TABANAN, Kilasbali.com – Menyikapi situasi di masa Pandemi COVID-19 ini yang sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat secara luas maka Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto mengajak dan mengimbau kepada warga masyarakat untuk mencoba mengembangkan ketahanan pangan (Hanpangan) berupa budidaya lele dan kangkung dengan memanfaatkan media sederhana berupa ember dan hasilnya sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga di masa sulit seperti saat ini.

Demikian disampaikan oleh Dandim 1619/Tabanan, Jumat (15/05/2020) di Makodim setempat.

Baca Juga:  Astungkara, di Tabanan Positif Kumulatif 17 Orang dan 16 Sudah Sembuh

Menurutnya di masa Pandemi COVID-19 ini, harus memiliki terobosan-terobosan untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat yang dapat diciptakan atau dikembangkan di lingkungan masing-masing.

“Untuk yang memiliki lahan silahkan diolah dan ditanami tanaman-tanaman yang bermanfaat untuk ketahanan pangan seperti ubi jalar, singkong, jagung, sayur mayur dan buah bahkan kalau yang memiliki lahan yang mendapatkan suplay air yang cukup pengembangan perikanan juga bagus,” ajak Dandim

Dikatakannya, Untuk yang memiliki lahannya terbatas pengembangan budidaya lele dan kangkung dalam ember sangat efektif dan efisien serta sederhana dalam pembuatan maupun pemeliharaan.

Baca Juga:  Disperindag Kota Denpasar Tuntaskan Sosialisasi Protokol Kesehatan Berniaga di seluruh Pasar Rakyat

“Kita Kodim 1619/Tabanan dan jajaran sudah mulai mengembangkannya mudah-mudahan dalam 2-3 bulan ke depan sudah dapat menikmati hasilnya,” imbuh Letkol Toni.

Dirinya mengharapkan di samping mengikuti anjuran dan instruksi pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan dan tinggal di rumah, bisa memanfaatkan waktu luang untuk mengembangkan budidaya lele dan kangkung di rumah

“Kita semua juga berharap agar Pandemi COVID-19 ini segera berlalu, namun demikian kita tidak juga hanya menunggu tapi kita harus berusaha untuk melalui masa pandemi ini dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemkab Klungkung dan Aparat Keamanan Pantau Situasi Malam Takbiran

“Untuk itu saya mengajak untuk menguatkan ketahanan pangan kita mari bersama-sama mengembangkan budidaya pertanian maupun perikanan yang dapat dikembangkan oleh segala lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Dandim menyerahkan peralatan ember kepada perwakilan Koramil Jajaran untuk mengembangkan budidaya lele dan kangkung dan segera dibuat di Koramil-Koramil Jajaran Kodim 1619/Tabanan. (jus/kb)