Danrem Wira Satya: Binter Jangan Kalah dengan Pandemi Covid-19

Jembrana
Danrem Wira Satya: Binter Jangan Kalah dengan Pandemi Covid-19

JEMBRANA, Kilasbali.com – Saat ini, semua masih dihadapkan pada kondisi untuk penanganan Pandemi Covid-19 yang di Indonesia kasus ini muncul semenjak Bulan Maret 2020 lalu kasus di dunia awalnya muncul pada akhir 2019 di Wuhan Tiongkok.

Pandemi Covid-19 di negara ini termasuk di Bali mendapatkan penanganan serius oleh pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Satgas Gotong Royong Covid-19 yang ada mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten dan juga Desa.

Keadaan ini juga melibatkan peran TNI bersama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk bersama-sama mencegah dan menangani penyebaran Covid-19 di masyarakat.

TNI-AD yang di dalamnya mempunyai satuan kewilayahan atau satuan teritorial dengan kemampuan yang ada dan sesuai tugas pokoknya adalah melakukan pembinaan wilayah atau Binter.

Binter telah menjadi suatu metode untuk membina wilayah dan masyarakatnya termasuk dalam konteks penanganan Covid-19 saat ini.

TNI AD memiliki kemampuan Binter, maka dari itu saat ini harus lebih dioptimalkan, utamanya dalam konteks sosialisasi dan mengedukasi masyarakat terkait Covid-19 sebagai pandemi yang tidak main-main yang sampai saat ini telah banyak menimbulkan dampak serta permasalahan bahkan korban jiwa maninggal.

Baca Juga:  Hengkang dari KJM, Perindo Dukung Bangsa

Pemaparan tersebut dikatakan Danrem 163/Wira Satya Kolonel Infanteri Husein Sagaf, S.H., saat memberikan arahan kepada Dandim dan Para Perwira Staf serta Danramil dalam rangka kunjungan kerja di Kodim 1617/Jembrana, Kamis (04/06/2020), bertempat di Ruang Rapat Makodim setempat.

“Pembinaan Teritorial atau Binter tidak boleh kalah dengan Pandemi Covid-19,” tegas Danrem.

Dikatakannya, dalam konteks ini, TNI tidak boleh kalah untuk melakukan berbagai upaya dalam menangani Pandemi Covid-19. “Setidaknya sebelum wabah ini bisa dieleminir melalui penemuan anti virus atau obatnya maka kita bisa melakukan upaya-upaya pencegahan,” jelasnya.

Upaya-upaya pencegahan dimaksud adalah dengan melakukan apa yang telah disampaikan pemerintah melalui imbauan resmi negara kepada seluruh masyarakat.

“Jika kita sudah dihimbau menerapkan protokol kesehatan yang didalamnya berisikan tentang penggunaan masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, menyediakan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, jaga jarak (social and physical distancing) dan menghindari kerumunan atau kegiatan melibatkan orang banyak, maka itulah upaya pencegahan yang dapat kita lakukan saat ini sehingga harapannya siapapun tidak akan mudah terpapar oleh Covid-19,” sebut Danrem.

Baca Juga:  Gandeng Desa Adat, KPU Jembrana Target Partisipasi Pemilih 85 Persen

“Bagaimana cara melakukannya? Kita semua dan masyarakat harus memiliki kesadaran untuk itu. Keberhasilan penerapan protokol kesehatan terkait Covid-19 kuncinya ada pada masyarakat,” lanjut Danrem.

Selanjutnya bila masyarakat masih belum punya kesadaran yang baik maka langkah yang dilakukan sesuai instruksi dari pemerintah adalah mendisiplinkan masyarakat.

Untuk mengintensifkan upaya ini maka Presiden RI Ir. Joko Widodo sudah memerintahkan TNI-Polri secara masif untuk bersinergi dengan pemerintah dalam usaha mendisiplinkan masyarakat terkait dalam percepatan penanganan Covid-19.

Dalam pelaksanaannya Danrem mengingatkan seluruh personel jajarannya untuk selalu bersikap fleksibel, persuasif, komunikatif dan mengedepankan logika dalam mensosialisasikan serta mengedukasi warga masyarakat dengan harapan akhirnya mereka memiliki kesadaran mandiri menghadapi Pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Dandim Jembrana Pimpin Serah Terima Jabatan Danramil dan Perwira Staf

“Manfaatkan ide-ide kreatif yang ada di wilayah melalui kearifan lokal yang ada yang menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat dalam melakukan sosialisasi ataupun edukasi,” pungkas Danrem.

Sementara itu terkait kunjungan kerja di Kodim 1617/Jembrana adalah untuk mengenal satuan ini lebih dekat, kemudian mengetahui sejauh mana pelaksanaan program kerja dan anggaran tahun 2020 yang telah dilakukan Kodim 1617/Jembrana.

Danrem menilai apa yang sudah dikerjakan Kodim 1617/Jembrana sudah baik serta berharap kinerja satuan dapat ditingkatkan untuk menjadi semakin baik dengan mengacu pada aturan dan administrasi yang benar.

Kedatangan Danrem 163/Wira Satya yang didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 163 PD IX Udayana Nyonya Fetty Husein Sagaf serta Para Perwira Staf Korem 163/Wira Satya di Makodim 1617/Jembrana disambut oleh Dandim Letkol Kav Djefry Marsono Hanok bersama istri serta Para Perwira Staf dan juga Para Danramil. (jus/kb)