Dayu Candrawati: Pendidikan Sebaiknya Didekatkan Pada Penguatan Budaya Lokal

Denpasar

TABANAN, Kilasbali.com – Setiap tanggal 2 Mei, seluruh komponen bangsa ini memperingatinya sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Seperti apa pentingnya pendidikan dan harus seperti apakah pendidikan di negeri ini?

Ketua DPW Garda Wanita NasDem Provinsi Bali Ida Ayu Ketut Candrawati, S.Sos., Kamis (30/4/2020) mengatakan, pendidikan tentu sangat penting bagi setiap insan manusia. Bahkan kemajuan pembangunan sebuah bangsa juga tergantung dari tingkat dan kwalitas pendidikan masyarakatnya.

“Setiap negara pasti menggantungkan harapan kemajuan negara dan bangsanya dari dunia pendidikan. Mengingat pendidikan adalah satu-satunya cara untuk memberantas kebodohan,” ungkapnya.

Anggota Komisi IV dan juga Ketua Fraksi NasDem DPRD Tabanan ini juga menyebutkan bahwa pendidikan juga menjadi sangat penting bagi negara ini. Hal ini terbukti dari isi alenia keempat pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang secara tegas mengatakan bahwa “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Baca Juga:  Komsos Kreatif, Kodim Klungkung Gelar Lomba Lukis dan Film Pendek

“Mengacu pada bunyi alenia keempat UUD 1945 tadi, maka jelaslah bahwa salah satu tujuan dari bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa,” sebutnya.

Lebih jauh politikus Partai Nasdem asal Banjar Cau, Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan ini mengatakan, sesuai dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, maka menurutnya arah pendidikan dinegara ini harus dekat dengan penguatan budaya lokal. Hal ini dikarenakan budaya lokal sebagai bagian dari budaya nasional merupakan penggambaran dari karakter masyarakatnya.

Baca Juga:  Rai Iswara Ikuti Rakernas dan Munas Forsesdasi Tahun 2020 Secara Virtual

“Budaya lokal adalah cerminan dari karakter masyarakat Indonesia disetiap daerah dan kelestariannya ini tentu harus dijaga sehingga negara harus berperan. Salah satunya dengan mengarahkan pendidikan pada penguatan budaya lokal,” imbuhnya.

Lebih jauh Candrawati mengatakan, pendidikan yang diarahkan pada penguatan budaya lokal harapannya adalah membentuk dan melahirkan generasi-generasi bangsa yang cerdas dan berkwalitas serta sesuai dengan roh, karakter dan jati diri kebangsaannya.

“Harapan selanjutnya tentu ketika ilmu pengetahuannya diaplikasikan di masyarakat, akan sesuai dengan jiwa dan budaya lokal dan tidak justru dipengaruhi budaya luar yang berpotensi menjadikan budaya lokal sebagai tamu dirumah sendiri,” jelasnya.

Baca Juga:  Kabar Duka, 1 Pasien di Denpasar Dinyatakan Meninggal Dunia

Yang jelas imbuhnya, dunia pendidikan pada bangsa ini juga harus mampu senantiasa melahirkan generasi-generasi bangsa yang cerdas dan berkwalitas serta mampu menjaga nilai-nilai kebangsaan. Sehingga meski diwarnai dengan berbagai perbedaan masyarakatnya, negara ini tetap berdiri kokoh sesuai dengan semangat yang tertuang pada nilai-nilai Pancasila sebagai dasar NKRI. (*/kb)