Denpasar Jalin Sister City dengan Mosel Bay Afrika Selatan, Tingkatkan Peluang Ekspor UMKM

Denpasar
Denpasar Jalin Sister City dengan Mosel Bay Afrika Selatan, Tingkatkan Peluang Ekspor UMKM

DENPASAR, Kilasbali.com – Pemkot Denpasar melalui Bagian Kerjasama Setda Kota Denpasar yang difasilitasi oleh Direktorat Afrika, Kementerian Luar Negeri RI  melaksanakan rapat Virtual Plan Action Sister City antara Kota Denpasar dengan Kota Mossel Bay pada Kamis (26/11/2020).

Hal ini terlaksana setelah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Sister City bersama Mossel Bay, Afrika Selatan pada 27 November 2019 silam.

Pelaksanaan rapat virtual plan of action Sister City Denpasar ini dihadiri oleh Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati bersama Pelaku Usaha dan UMKM di Kota Denpasar.

Baca Juga:  Jenazah Mia T. Wadu Pramugari Sriwijaya Air Tiba di Rumah Duka

Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar,  I Gusti Ayu Laxmy Saraswati menjelaskan pelaksanaan rapat konsolidasi ini merupakan tindak lanjut atas pelaksanaan kerjasama yang telah tertuang dalam MoU.

Di mana, ruang lingkup kerja sama Sister City Denpasar dengan Mossel Bay meliputi promosi budaya pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif dan kapasitas sumber daya manusia.

“Pelaksanaan rapat kali ini secara khusus mengenai ruang lingkup pengembangan ekonomi kreatif yakni peluang ekspor UMKM Kota Denpasar ke Mossel Bay dan atau tidak menutup kemungkinan peluang ekspor ke wilayah lain di Afrika Selatan,” jelasnya

Baca Juga:  Berusia di Atas 60 Tahun, Wagub Cok Ace dan Ketua IDI Bali Tidak Divaksin

Laxmy mengatakan kedua kota yang difasilitasi oleh ITPC di Johannesburg, Afrika Selatan dan Kedutaan Besar RI serta KJRI Cape Town siap berbagi informasi guna mendukung penguatan UMKM Kota Denpasar serta untuk promosi dan pemasaran produk kreatif Denpasar.

“Dengan adanya kerjasama sister city ini UMKM Denpasar dapat menitipkan produknya di KJRI Cape Town sesuai dengan demand (permintaan) pasar Mossel Bay, Cape Town, Afrika Selatan. Semoga dengan pelaksanaan kerjasama sister city ini diharapkan dapat mendukung kemajuan kedua kota,” pungkasnya. (sgt/kb)