Dies Natalis UBAD ke-1, Ciptakan SDM Creative, Innovative, dan Excellent

Ceremonial Denpasar Pendidikan
Foto: Perayaan Dies Natalis ke – 1 di Aulau Lantai IV Kampus UBAD, Jalan Pulau Flores Nomor 5 Denpasar.

DENPASAR, Kilasbali,com – Universitas Bali Dwipa (UBAD) yang mengusung visi Menjadi Perguruan Tinggu Unggul di Bidang Teknologi dan Ilmu Kesehatan di Asia Pasifik Tahun 2040”, menggelar Dies Natalis ke – 1, Rabu (17/7/2019). Di mana acara yang mengusung tema “Menciptakan Sumber Daya Manusia yang Creative, Innovative, dan Excellent dalam Mendukung Sat Kerthi Loka Bali tersebut, berlangsung di Aulau Lantai IV Kampus UBAD, Jalan Pulau Flores Nomor 5 Denpasar.

Rektor UBAD, Dr. Ir. Ketut Suriasih, MApp., Sc., mengatakan, mahasiswa yang melanjutkan di Universitas Bali Dwipa dididik untuk siap mencipatakan lapangan pekerjaan. Sehingga mampu menyerap tenaga kerja dalam memajukan bangsa.

“Lulusan yang kita didik adalah interpreneurship. Nah dengan itu kita menggodok mereka, baik dengan akademis, dan juga diberikan kesempatan untuk maggang di perusahaan-perusahaan besar,” jelas Rektor.

Selain itu, mahasiswa di kampus ini juga didik agar menjadi starup-starup. Dan untuk menunjang hal tersebut, UBAD telah bekerjasama dengan salah satu unversitas yang ada di New Delhi, India untuk pembelajaran di bidang bahasa Inggris.

“Mereka telah membuat softhwear untuk mengajarkan bahasa inggris yang bisa dipraktekkan secara langsung. Jadi tidak konvesional, akan tetapi praktek berbicara langsung,” ujarnya.

Rektor menambahkan, seluruh mahasiswa juga diajarkan dan dibekali tentang pengetahuan serta kemampuan IT, untuk menjawab revolusi 4.0. “Jadi kita harus literasi IT, Teknologi, Komunikasi serta yang lainnya,” sebutnya.

Ketua Yayasan Pendidikan UsadhaTeknik Bali, Ir. I Wayan Adnyana, SH., M.Kn., menambahkan, Dies Natalis yang pertama ini untuk memperingati satu tahun terbitnya Surat Keputusan (SK) Kemendikti tentang Universitas Bali Dwipa.

“Ini juga sebagai bentuk sosialisasi tentang keberadaan Universitas Bali Dwipa, bahwa kami teah siap menerima mahasiswa baru, dan kami sudah menyiapkan program-program pembelajaran, penelitian, serta program-program pengabdian masyarakat,” jelasnya seraya mengatakan, tujuan dari UBAD sendiri, yakni kampus yang inovatif dalam upaya mencetak lulusan SDM yang kreatif, dan siap menghadapi era revolusi 4.0.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Yayasan juga mengungkapkan bahwa dalam penerimaan mahasiswa, pihaknya juga telah menyepakati dengan pihak rektorat, bahwa mahasiswa baru yang mendaftar langsung ke kampus ini mendapatkan beasiswa senilai Rp2 juta.

“Jadi selain bebas uang pendaftaran, calon mahasiswa juga mendapatkan beasiswa Rp2 juta. Untuk itu, gunakan kesempatan ini untuk mendaftar di Universitas Bali Dwipa. Kami tidak batasi jumlah penerima beasiswa yang akan diberikan kepada calon mahasiswa baru, selama mendaftar hingga akhir Juli ini,” pungkasnya.

Dalam Dies Natalis tersebut, Gubernur Bali Wayan Koster yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali, IB Subhiksu berharap UBAD dapat menciptakan dan meberikan solusi yang kreatif, inovatif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bali.

“Momen Dies Natalis ini diharapkan untuk menyamakan visi, menyatukan gerak langkah dalam menjadikan UBAD sebagai universitas yang memiliki daya saing global,” katanya.

Untuk diketahui, UBAD yang memiliki 10 prodi, yakni Tehnik Bio Medis, Farmasi, Psikologi, Gizi, Teknologi Pangan, Sistem Informasi, Humas, Hukum, Akutansi dan Bahasa Inggris, telah menerima seratus lebih mahasiswa. (kb)