Digelontor Rp 8 M, Gianyar Bakal Jadi Kota Romantis

Gianyar Hiburan
Digelontor Rp 8 M, Gianyar Bakal Jadi Kota Romantis

GIANYAR, Kilasbali.com – Tidak hanya Alun-laun Gianyar yang kini disulap menjadi kosep taman berlampu, taman dan jalan di seluruh Kota Gianyar juga kini mulai dipasang lampu berbagai rupa. Dengan lampu-lampu ini pun, Kota Gianyar akan menjadi kota yang romantis di malam hari.

Kali ini, giliran Dinas Perhubungan yang menjadi leading sektor penataan lampu jalan dan taman di sepanjang jalan dan sudut kota. Bahkan di jalan utama, secara khusus di pasang tiang lampu penerangan yang artistik klasik sebagaimana Kota Jogja.

Gemerlap lampu ini, diyakini akan menghilangkan kesan kota mati. Karena Sebelumnya, aktivitas keramaian di Kota Gianyar pada malam hari hanya terpusat di Kawasan Pasar Senggol.

Baca Juga:  Beberapa hari Dibuka Pasar Baru Bitera Sudah Kotor

Kepala Dinas Perhubungan I Wayan Suamba mengungkapkan, jumlah lampu penerangan yang di pasang sebanyak 230 buah. Tersebar di sejumlah titik yang telah ditentukan. Dari jumlah itu terdapat 145 lampu dengan tiang tunggal dan 85 lampu bertiang tiang ganda.

Dikatakanya, tiang lampu-lampu yang berwarna merah kombinasi emas tersebut dipasang dibeberapa titik menuju Kota Gianyar.

Tiang tunggal ada di titik Lampu Merah Bitra – Tenun Togog – depan RSU Sanjiwani lanjut di depan Kantor Bupati, depan Gedung DPRD, loncat ke Perempatan Puri Gianyar, hingga ujung barat jembatan kantor PDAM Gianyar.

Baca Juga:  Belasan Buruh Tertimbun Senderan, Seorang Tewas

Sementara Tiang doble yang berjumlah 85 dipasang di titik taman kota Gianyar hingga ke barat sampai di patung Kebo Iwa Jalan Baypas Darma Giri.

Sehingga dipastikan tidak hanya membuat pengguna nyaman dan merasa aman pada malam hari tetapi juga akan mempercantik wajah kota.

“Tujuan penerangan jalan keselamatan pemakai jalan serta keindahan kota,” jelasnya, Kamis (26/11/2020).

Baca Juga:  Penyebaran Covid-19 Makin Masif, Hari Ini Positif Tambah 319 orang

Terkait anggaran yang dipasang untuk pengadaan lampu penerangan jalan tersebut, Suamba menyampaikan jumlahnya sekitar Rp 8 miliar.

Disebutkan, saat ini pemerintah Kabupaten Gianyar sedang gencarnya menata dan mempercantik kota Gianyar.

Lapangan Astina yang sebelumnya terlihat kumuh kini setelah dilakukan penatataan terlihat lebih indah dan cantik. Meski belum selesai 100% namun sejumlah warga sudah mulai mendatangi taman kota untuk sekedar nongkrong dan menikmati suasana malam di Bumi Seni. (ina/kb)