Diksa Pariksa, Agung Bharata Siap Sekala–Niskala

Gianyar
Foto : Diksita AA Gde Agung Bharata saat Prosesi Diksa Pariksa di Puri Agung Gianyar.

GIANYAR, Kilasbali.com – Mantan Bupati Gianyar yang kini menempuh hidup melalui jalur suci yakni, A A Gde Agung Bharata dinyatakan lulus sebagai Diksita dalam prosesi Diksa Pariksa atau ujian calon sulinggih yang dilaksanakan di Puri Agung Gianyar, Jumat (12/7/2019). Selanjutnya, Upacara Rsi Yadnya Pediksan  akan dilaksanakan, Selasa (16/7/2019) mendatang.

Dalam wejangan Pedanda Nabe, Ida Pedanda Jelantik Wayahan Dauh dari Griya Prapitamaha, Siangan, Gianyar menyampaikan, Diksita dinilai sudah siap secara sekala dan niskala.

Pedanda Nabe mengungkapkan, secara niskala, Diksita Agung Bharata pernah tertimpa musibah hanyut di laut. Dan sebuah mukjisat terjadi, ditemukan selamat meski terombang-ambimg selama empat jam di tengah laut.  “Secara Niskala, Tuhan telah memberi kesempatan kepada Diksita untuk melanjutkan Dharmanya,” ungkap Pedanda Nabe.

Prosesi diksa pariksa ini menghadirkan Tim Diksa dari Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Gianyar dengan disaksikan oleh sejumlah Pedanda, palingsir Puri, dan undangan lainnya. Dalam tahapan ini diajukan sejumlah pertanyaan oleh kepada calon Diksa terkait komitmen serta kesiapannya baik kesiapan mental maupun spiritual.

Mantan Bupati Gianyar inipun menjawab semua pertanyaan dengan perlahan. Dengan segala persyaratan yang telah ditentukan, tim Diksa yang dipimpin langsung oleh Ketua PHDI Gianyar Ida Dalem Agra Pemayun, Palingsir Puri Agung Gianyar ini dinyakan  sudah lulus menjadi diksita. (ina/kb)