Dipicu Puntung Rokok, Tegalan di Jembrana Terbakar

Jembrana Peristiwa
Foto: Petugas memadamkan tegalan yang terbakar.

JEMBRANA, Kilasbali.com – Kebakaran lahan tegalan milik warga seluas setangah hektar terjadi di Lingkungan Samblong, Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan Jembrana, Senin (19/8/2019), sekitar pukul 14.45 WITA.

Kasi Damkar, Kade Bagus Darmawan mengatakan, diduga pemicu kebakaran ini adalah putung rokok yang dibuang sembarangan dalam kondisi masih menyala.

Selain itu, kondisi lahan yang berisi pohon kelapa dan jati ini mengering serta lokasinya pun berada di pesisir.

“Lahannya itu dipenuhi rumput, ilalang serta semak dan sampah dedaunan yang mengering,” ungkapnya.

Dikataknnya, untuk menangani kebakaran lahan ini, pihaknya menerjunkan dua armada ,pemadam kebarakan.

Lokasi tersebut baru bisa dinyatakan aman setelah dilakukan pemadaman selama lebih dari satu jam dengan menghabiskan tiga tangki air atau setara dengan 15 ribu liter.

“Tidak ada korban jiwa maupun bangunan dalam kejadian kebakaran ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Jembran, I Ketut Eko Susila Arta Permana mengatakan, potensi kebakaran lahan di wilayah Jembrana saat musim kemarau ini seperti cukup tinggi.

Beberapa bulan setelah tidak turun hujan maka dipastikan tumbuhan peredu maupun semak belukar akan meranggas dan mengering.

“Tegalan di Jembrana sebagian besar tadah hujan. Wilayah Jembrana disisi utara juga berbatasan dengan hutan. Sehingga saat kemarau seperti ini jelas mengering. Potensi kebakaran lahan juga tinggi. Disulut api sedikit saja sudah cepat merembet” ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar waspada dan tidak lalai seperti tidak membuang putung rokok maupun membakar sampah sebarangan.

“Jangan buang putung rokok masih menyala dan membakar sampah sembarangan,” jelasnya. (gus/kb)