Donor Plasma Percepat Kesembuhan Pasien Covid-19

Denpasar Sosial
Donor Plasma Konvalesen Kodam IX/Udayana Dalam Rangka Hut ke-75 TNI

– Donor Plasma Konvalesen Kodam IX/Udayana Dalam Rangka Hut ke-75 TNI

DENPASAR, Kilasbali.com – Kodam IX/Udayana untuk kedua kalinya mengadakan donor plasma konvalesen dalam membantu penanggulangan covid-19 di Bali. Donor plasma konvalesen berlangsung di aula Makorem 163/Wira Satya, Selasa (29/9/2020).

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengatakan dalam rangka Hut ke-75 TNI, untuk kedua kalinya Kodam IX/Udayana melaksanakan donor plasma konvalesen.

Menurut Pangdam, donor plasma konvalesen ini sangat dibutuhkan oleh rumah sakit yang ada di Bali karena sangat diperlukan oleh pasien yang kategorinya berat, sehingga sangat dibutuhkan untuk penguatan plasma ini.

Baca Juga:  Di Denpasar, Sembuh 18 Orang dan Positif Tambah 20 Orang

“Hari ini ada 37 pendonor dari sebetulnya 109 pendonor. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang memenuhi syarat hanya 37. Dari 37 ini 22 dari masyarakat dan 15 dari anggota Kodam IX/Udayana. Kemudian minggu depan kita akan lanjutkan donor plasma di Kabupaten Klungkung dan Buleleng, sehingga masyarakat di sekitar Kabupaten Klungkung dan Buleleng tidak perlu jauh-jauh kesini,” jelas Pangdam.

Dalam penanggulangan penyebaran covid-19, Pangdam juga menjelaskan di front depan upaya yang dilakukan adalah penekanan terhadap 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak-red)

Baca Juga:  Taat Aturan, Amerta Turunkan Baliho di Rumah Perubahan

“Intinya pendisiplinan 3 M secara masif agar masyarakat tidak terpapar,” ungkapnya.

Sementara di front belakang, upaya yang dilakukan yakni dengan donor plasma konvalesen untuk membantu pasien di rumah sakit dan tempat karantina.

Pangdam berharap pasien yang telah sembuh untuk bisa mengajak rekan yang lain yang masih ragu-ragu untuk menyumbangkan plasmanya, dan berkontribusi positif dalam penanganan covid-19 di Bali.

Baca Juga:  Tolak Omnibus Law, Mahasiswa Kembali Unjuk Rasa

Sementara itu, Ketua PMI Bali I Gusti Bagus Alit Putra sangat mengapresiasi upaya dari Kodam IX/Udayana dalam rangka ikut berperan serta menanggulangi kesembuhan pasien covid-19 melalui donor plasma konvalesen ini, dengan harapan pasien yang sembuh bisa lebih banyak.

Pada kesempatan ini, Pangdam juga menyerahkan piagam penghargaan kepada PMI Bali, IDI Bali, RS PTN Unud, RS Sanglah, serta kepada perwakilan pendonor, bertempat di aula Makorem 163/Wira Satya.(sgt/kb)