DPMD Kota Denpasar Monitoring Pelaksanan PPKM

Denpasar
DPMD Kota Denpasar Monitoring Pelaksanan PPKM
  • Pelantikan Bupati Jembrana

  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021

DENPASAR, Kilasbali.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Denpasar melaksanakan monitoring Pelaksanan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Desa Ubung Kaja, Kamis (4/2/2021).

Kadis DPMD Kota Denpasar IB Alit Wiradana mengatakan, pelaksanaan monitoring PPKM tahun 2021 ini pertama dilakukan di Desa Ubung Kaja karena kasus positif covid-19 cukup tinggi.

Selain di Ubung Kaja pihaknya juga akan melakukan monitoring ke desa lainnya seperti Desa Pemecutan Kaja, Desa Pemecutan Kelod, Desa Padangsambian Kelod, Desa Pemogan, Desa Sidakarya, Kesiman Kertalangu dan Desa Dangin Puri Kelod. Untuk desa pelaksanan beebeda-beda mengikuti jadwal yang telah ditetapnya.

Baca Juga:  'Banting Stir' Pelaku Wisata Beternak Kambing

Alit Wiradana mengatakan, dalam kegiatan monitoring tersebut untuk mengevaluasi seberapa efektifnya penanganan covid-19 selama dilaksanakan PPKM. Selain itu dalam monitoring ini juga mengevaluasi tugas dan tanggung jawab satgas PPKM di Banjar atau dusun dan lingkungan apakah sudah berjalan baik dan sesuai dengan surat keputusan yang telah ditetapkan pemerintah. “Apakah pelaksanaan Satgas PPKM telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai prosedur,” ungkap Alit Wiradana.

Baca Juga:  Rentin Tuntaskan Polemik Pembayaran Hotel Karantina Pasien OTG-GR

Alit Wiradana mengaku dalam surat keputusan satgas PPKM di banjar/dusun memiliki tugas dan kewajiban melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan kepada masyarakat. Satgas juga melakukan pemantauan dan pengawasan aktivitas perkantoran baik pemerintahan maupun swasta, yang ada di wilayah desa/kelurahan. Mengawasi aktivitas kegiatan usaha agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan mentaati ketentuan jam operasional. Satgas juga bertugas mengawasi kegiatan keagamaan pada tempat ibadah dengan membatasi kapasitas umat yang beribadah dengan menerapkan protokol kesehatan serta mengawasi objek wisata.

Tidak hanya itu Satgas juga bertugas mendata penduduk non permanen dan mengawasi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

Baca Juga:  Pameran Caka 1943, Pemkot Denpasar Wadahi Kreativitas Anak Muda

Dari hasil monitoring yang dilakukan hari ini Alit Wiradana mengaku pelaksanaan PPKM yang dilaksanakan satgas telah berjalan dengan baik dan mengikuti prosedur yang berlaku.

Jika dikemudian hari pelaksanaan PPKM ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh satgas, pihaknya akan memberikan pembinaan sehingga proses PPKM bisa berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga penularan covid-19 bisa diputus.(sgt/kb)