Dua OPD Kota Denpasar Raih Penghargaan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik dari Kemenpan RB

Birokrasi Denpasar
Dua OPD Kota Denpasar Raih Penghargaan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik dari Kemenpan RB

DENPASAR, Kilasbali.com – Dua OPD Pelayanan Pubik di Kota Denpasar kembali mendulang prestasi gemilang. Keduanya yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Penanaman Modal dan Palayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Denpasar yang meraih penghargaan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik.

Demikian terungkap saat acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Tahun 2020 yang digelar secara daring dan luring dari Jakarta, Selasa (9 Maret 2021).

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Denpasar, IB Alit Adhi Merta menjelaskan Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Kementerian PAN dan RB, untuk mendukung percepatan reformasi birokrasi.

Baca Juga:  Pemkot Terima CSR Kursi Roda dari PT Pelindo 3 dan PT Taspen Denpasar

“Kami bersyukur di Kota Denpasar tahun ini kembali meraih nilai Sangat Baik, dan semoga kedepanya dapat terus ditingkatkan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, terdapat enam aspek yang dinilai dalam evaluasi ini yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi. Khusus tahun ini, ditengah situasi pandemi Covid-19, pelayanan publik Rumas Sakit Umum Daerah tidak diikutkan dalam penilaian oleh Kementrian PAN dan RB.

“Tahun ini hanya dua saja, yakni Disdukcapil dan DPMPTSP, sedangkan RSUD memang tidak diikutikan dari Kementrian PAN dan RB,” jelasnya.

Baca Juga:  Pilwali Denpasar Tahun 2020 Hemat Anggaran Rp 7 Miliar Lebih

Ia menambahkan, capaian ini tak lepas dari komitmen seluruh jajaran Pemkot Denpasar untuk menciptakan pelayanan publik yang berkemanfaatan bagi masyarakat.

“Tentunya bukan sekadar prestasi dan penghargaan, namun lebih jauh dari itu adalah memberikan kemanfaatan maksimal dan memberikan kemudahan dalam pelayanan bagi masyarakat Kota Denpasar,” ujarnya.

Sementara, Kadisdukcapil Kota Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata mengaku bersyukur atas diraihnya penghargaan pelayanan publik ini. Tentunya hal ini tak lepas dari dukungan seluruh jajaran di Pemkot Denpasar yang senantiasa memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat dengan motto sewaka dharma.

Baca Juga:  Kabar Baik, Pasien Sembuh Bertambah 180 Orang

“Tentunya kami sangat bersyukur serta mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga kedepannya capaian ini dapat menjadi cambuk untuk memotivasi diri agar senantiasa memberikan pelayanan maksimal dan tak henti-hentinya berinovasi,” harapnya.(sgt/kb)