Dugaan Pelecehan Agama Hindu, AWK Minta Tetap Diproses Hukum

Denpasar News Update
Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa (AWK)

DENPASAR, Kilasbali.com – Senator asal Bali Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa (AWK) angkat bicara terkait dugaan pelecehan Agama Hindu. AWK meminta dugaan itu tetap diproses secara hukum.

Menurut dia, permintaan maaf yang dilakukan oleh pihak Desak Made Darmawati, S.Pd, MM., tetap tidak mengurangi hak hukum yang ada.

Namun, pihaknya tetap mengapresiasi pertemuan antara dosen salah satu Perguruan Tinggi di Jakarta itu dengan pihak Kementerian Agama dan Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat.

Baca Juga:  Kodim Badung Komit Wujudkan WBK dan WBBM

“Saya dengar di Jakarta akan ada laporan-laporan ke Reskrim Mabes, ya kita Hormati saja prosesnya,” kata AWK di Denpasar, Minggu (18/4/2021).

Anggota Komite I Bidang Hukum DPD RI ini menyatakan akan mengawal proses hukum yang ada. Pihaknya juga akan mendatangi Mabes Polri untuk memberikan perhatian terhadap dugaan penodaan simbol-simbol dalam agama Hindu itu.

Terkait apakah laporannya nanti ditindaklanjuti oleh polisi, AWK tetap menyerahkan kepada pihak penyidik kepolisian. Namun, ia meminta proses hukum tetap bergulir.

Baca Juga:  Pastikan Kelancaran, Jaya Negara Tinjau Vaksinasi Bagi Disabilitas

“Jangan sampai ada masyarakat kecewa, tapi ada starting point yang bagus sekali, untuk pertama kali, PHDI dan Kementerian Agama ini merespons dengan cepat,” jelasnya.

Di sisi lain, AWK juga berharap elemen Muhammadiyah yang ada di Bali ikut meredam agar situasi menjadi tenang.

“Ini saran saya secara pribadi, kalau bisa teman-teman Muhammadiyah yang ada di Bali ikut menenangkan, dan itu nanti akan saya sampaikan ke pusat,” kata AWK. (tim/kb)