Dukung Pemulihan Pariwisata, IHGMA Bali Kebut Vaksinasi Pekerja Pariwisata

Badung
Dukung Pemulihan Pariwisata, IHGMA Bali Kebut Vaksinasi Pekerja Pariwisata

BADUNG, Kilasbali.com – Guna menumbuhkan rasa percaya dari pasar pariwisata bahwa pelaku pariwisata Bali memiliki respon yang cepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Asociation) Bali, turun berperan aktif dalam mengorganisir pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pekerja pariwisata di Bali.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua III IHGMA Bali, Bagus Ngurah Putra saat ditemui disela pelaksanaan vaksinasi bagi pekerja pariwisata, di Bali Dinasty Resort Kuta, Badung, Kamis (25/3/2021).

Ngurah Putra mengatakan, vaksinasi untuk pelaku pariwisata ini melibatkan pekerja hotel, restoran, kafe, dan lainnya, dimana registrasi dibuka lewat link yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Bali sejak 22 Februari hingga 28 Februari 2021 lalu.

Baca Juga:  Video Viral Diduga Lecehkan Umat Hindu, Penyidik Sarankan Lapor ke Mabes Polri

“Adapun peserta yang teregistrasi berjumlah 90.195 orang pelaku pariwisata yang tersebar di seluruh Bali. Vaksin pertama dilakukan pada tanggal 9 Maret 2021 dengan memberikan undangan bagi yang terdaftar,” sebutnya.

Ia menambahkan, saat ini adalah kegiatan yang ketujuh dan akan terus berlangsung. Dimana ditargetkan bulan Juni semua yang teregistrasi sudah divaksin.

Terkait kendala yang dihadapi, Ngurah Putra menjelaskan ada beberapa peserta yang tidak lolos screening karena memiliki masalah kesehatan seperti tekanan darah dan komorbid.

Baca Juga:  Giliran Persit Kodim Tabanan Divaksin

“Peserta yang mengikuti vaksin ini fokus hanya pada mereka yang teregistrasi melalui undangan lewat sms atau email. Jadi tidak ada yang nyelonong,” imbuh GM Wyndham Garden Hotel Kuta ini.

Ngurah Putra juga menjelaskan kegiatan ini sempat dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo bersama Menparekraf, dan Mendagri.

“Dengan kuota 700 hingga 750 orang per hari, pelaksanaan vaksinasi didukung oleh hotel yang GM-nya merupakan member IHGMA Bali. Adapun lokasi yang sudah digunakan hingga saat ini adalah Haris Hotel Sunset Road, Prama Sanur Beach Hotel, dan Bali Dinasty Resort Kuta,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bupati Sanjaya Road Show Pantau Pelaksanaan Vaksinasi di Beraban, Jatiluwih dan Candi Kuning

Menurut Ngurah Putra, sebelum vaksinasi untuk pelaku pariwisata, juga telah dilakukan verifikasi CHSE (Clean, Health, Safety, and Environment) dari Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan Kemenparekraf.

“Jadi jika pariwisata dunia dibuka, wisatawan tidak perlu ragu datang ke Bali, apalagi di kawasan zona hijau sudah dilakukan vaksinasi massal,” pungkasnya.(sgt/kb)