FCC, Warga di Sanur Bakal Divaksin

Denpasar
Foto/dok: Aksi 'Beach Clean Up' di Pantai Mertasari, Sanur, Jumat (30/8/2019).

DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster menginformasikan bahwa Provinsi Bali tetap mendapat perhatian khusus dalam penanganan Covid-19 dari Pemerintah Pusat. Salah satunya prioritas dalam distribusi vaksin.

Atas arahan serta izin Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) akan menetapkan Free Covid Corridor (FCC) yaitu penetapan Zona Hijau pada 3 wilayah yakni Ubud di Kabupaten Gianyar, ITDC dan Nusa Dua di Kabupaten Badung, dan Sanur di Kota Denpasar.

Menanggapi hal ini, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan salah satu langkah yang dilakukan Pemkot Denpasar adalah melakukan vaksinasi terhadap masyarakat dan pekerja pariwisata di kawasan Sanur.

Baca Juga:  Danrem Wira Satya : Banyak Berstatus Zona Merah Artinya Harus Lebih Taat Protokol Kesehatan

“Khusus untuk wilayah Sanur, saat ini kita melakukan pendataan terkait dengan jumlah penduduk, atau siapa saja yang mendapat sasaran terhadap vaksinasi ini. Sehingga segera bisa kita laporkan ke pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi untuk bisa dibantu pengadaan vaksinnya,” ucap Dewa Rai, Kamis (11/3/2021).

Dilihat dari peta penanganan Covid-19 Kota Denpasar, kata dia kawasan Sanur masuk ke dalam zona kuning.

Untuk mempercepat proses vaksinasi di kawasan Sanur, ia menyebut usai pendataan tentunya dilakukan pengecekan pos-pos vaksinasi, apakah menggunakan faskes yang sudah ada atau perlu menambah pos lagi termasuk sistem mobilisasinya.

Baca Juga:  600 Ribu Penduduk Bali Telah Terima Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

“Dengan langkah itu, maka tidak perlu waktu yang lama bagi masyarakat dalam kawasan tersebut bisa tercover vaksinasi Covid-19,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Pemorov Bali untuk kawasan Sanur, Kota Denpasar yang menjadi sasaran vaksinasi ialah dari Desa/Kelurahan Sanur sebanyak 10.970 orang, Sanur Kaja 7.944 orang, dan Desa/Kelurahan Sanur Kauh 7.892 orang. (sgt/kb)