Festival Pangan Lokal B2SA, ‘Beragam Bergizi Seimbang dan Aman’

Ceremonial Tabanan
Foto: Festival Pangan Lokal B2SA, ‘Beragam Bergizi Seimbang dan Aman’.

TABANAN, Kilasbali.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan menggelar Festival Pangan Lokal B2SA ‘Beragam Bergizi Seimbang dan Aman’, yang dihadiri sekaligus dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, AA. Dalem Tresna Ngurah, di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Rabu (7/8/2019).

Turut hadir saat itu, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Nyoman Rupa selaku Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan, Sekdis Ketahanan Pangan Tabanan, I Made Suganda, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua Tim Penggerak PKK Tabanan, serta unsure terkait.

“Kegiatan ini merupakan agenda Nasional di mana setiap tahun dilaksanakan dari tingkat Kabupaten, provinsi dan nasional, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan keberagaman pangan, bergizi dan seimbang dengan memanfaatkan olahan pangan lokal untuk mendorong kreatifitas serta memotivasi masyarakat dalam pengembangan olahan lokal yang mempunyai nilai komersial,” jelas Sekdis Ketahan Pangan Tabanan, I Made Suganda.

Sementara, usai membuka acara, AA. Dalem Tresna Ngurah mengatakan, kegiatan ini sangatlah penting diadakan di Kabupaten Tabanan, sebagai bahan untuk memacu kreatifas dan memotivasi masyarakat untuk mengkomsumsi pangan lokal yang mengandung gizi berimbang.

“Momentum ini sangat penting untuk mendukung terciptanya keseimbangan pangan guna meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mengajak masyarakat Tabanan mengkomsumsi makanan yang mengandung gizi yang berimbang,” jelasnya.

Dijelaskannya, hal ini sangat selaras dengan visi dan misi Kabupaten Tabanan yakni Tabanan yang Serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi. Di sisi lain, saat ini rawan terjadinya penyempitan lahan pertanian, penduduk yang bertambah dan kebutuhan pangan semakin meningkat mengharuskan masyarakat semakin kreatif dan berinovasi dengan pangan lokal.

“Hari ini saat yang tepat dan sesuai dengan visi misi Kabupaten Tabanan yakni Tabanan Serasi. Saat adanya penyempitan lahan pertanian, penduduk yang semakin bertambah kebutuhan masyarakat pangan semakin meningkat. Dengan mengoptimlakan lahan pertanian, akan menjadikan masyarakat mandiri pangan, dengan slogan panganku beragam, bergizi dan berimbang,” tambahnya.

Dalam festival ini juga memperebutkan hadiah total berupa uang tunai sebesar Rp 6 juta sekaligus piagam penghargaan dan piala. Juara I, mendapatkan Rp 3 Juta dan piala, Juara II sebesar Rp 2 Juta dan piala, serta juara III mendapatkan sebesar Rp.1 juta beserta piala. (rls/kb)