FPB Apresiasi Data Kemiskinan Masuk Data Based

Gianyar
Foto: Ketua Forum Peduli Blahbatuh, I Made Sudiangga.

GIANYAR, Kilasbali.com – Ketua Forum Peduli Blahbatuh (FPB), I Made Sudianga mengapresiasi langkah Bupati Gianyar yang memerintahkan seluruh jajarannya mendata KK Miskin dan dimasukkan dalam data based secara detail, mendapat apresiasi positif berbagai kalangan.

Menurutnya, selama ini pihaknya selalu pesimis dengan program pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan. Karena sebelumnya hanya mengandalkan bantuan pemerintah, dilaksanakan secara sektoral dan data kemiskinan kurang akurat.

“Syukurnya, kini Bapak Bupati melakukan gebrakan dengan melibatkan berbagai pihak. Terpenting, akurasi  data kemiskinan kini menjadi penekanan sehingga akan  memudahkan pemberdayaan penduduk miskin,” kata Sudiangga, Rabu (2/10/2019).

Diakuinya, penurunan angka kemiskinan, bukanlah pekerjaan mudah. Perlu adanya sinergi penanggulangan kemiskinan dari semua pihak. Pihaknya pun mengapresiasi Pemkab Gianyar yang memulai dengan langkah yang sangat yang tepat, yakni dari akurasi data KK miskin.

Pendataaan KK Miskin ini, sebutnya, menunjukkan komitmen pemerintah dalam pengentasan atau penanggulangan kemiskinan. Karena dilandasi kelengkapan data mengenai kriteria keluarga miskin dan akurasi data mengenai jumlah penduduk miskin.

“Akurasi data ini  penting agar program-program bantuan sosial untuk penanggulangan kemiskinan tidak salah sasaran. Selain itu juga akan terukur, karena penduduk miskin yang menerima bantuan benar-benar bisa memanfaatkan bantuan untuk peningkatan ekonomi, bukan untuk kebutuhan konsumsi atau kebutuhan sesaat lainnya,” ujarnya. (ina/kb)