Gegara Banjir Ribuan Ekor Koi Hanyut

Gianyar Peristiwa
Foto : Banjir di Banjar Selat, Belega

GIANYAR, Kilasbali.com – Gegara banjir ribuan ekor ikan koi yang dilepas di drainase di Banjar Selat, Desa Belega, Blahbatuh, Gianyar hanyut, Kamis (9/9/2021).

Banjir setinggi paha orang dewasa itu dipicu hujan lebat yang mengguyur Bumi Seni Gianyar ini. Celakanya, drainase yang berukuran kecil tersumbat sampah sehingga airnya meluap.

Informasi menyebutkan, tanda-tanda banjir sudah terlihat dinihari sekitar pukul 02.00 WITA. Kondisi terparah terjadi pukul 05.00 WITA. Air sudah setinggi paha.

Baca Juga:  Mulai Senin Sekolah di Gianyar Gelar PTM

Warga yang mengetahui hal itu segera gotong royong membersihkan saluran drainase yang tersumbat sampah kiriman.

Meskipun drainase sudah dibersihkan, namun dikarenakan drainase yang kecil, menyebabkan warga butuh menunggu beberapa jam hingga akhirnya air bisa surut.

“Karena luapan air sangat tinggi, kendaraan pun tidak bisa melintas,” ungkap seorang warga I Kadek Jeki.

Baca Juga:  Penertiban PPKM Level 3 di Kelurahan Panjer, Tim Yustisi Jaring 17 Orang Pelanggar Prokes

Akibat Banjir ini, sejumlah ayam peliharaan warga juga ikut hanyut. Dan, yang paling parah adalah ikan koi yang dipelihara pemuda setempat.

“Pemuda di banjar ini memelihara sekitar 1.000 ekor ikan koi di saluran drainase. Bahkan kini ukurannya sudah  50 cm. Namun sudah hanya dan hanya beberapa ekor yang berhasil ditemukan,” ujarnya.

Disebutkan, banjir kali ini terparah di Banjar Selat. Dan ini terjadi karena air kiriman sangat besar, sementara saluran drainase sangat kecil. Pihaknya berharap  kondisi saluran drainase ini mendapat perhatian pemerintah. (ina/kb)