Gianyar Siapkan 17 Tempat untuk Penyimpanan Vaksin

Gianyar News Update
Foto/net: Vaksin

GIANYAR, Kilasbali.com – Menyusul kedatangan vaksin Covid-19 tahap pertama di Bali Selasa (5/1/2021) dini hari, Pemkab Gianyar pun sudah menyipakan tempat penyimpangan.

Sembari menunggu pendistribusian ke berbagai Kabupaten/Kota di Bali, Kabupaten Gianyar, sudah menyiapkan 17 tempat penyimpanan vaksin.

Direktur Utama Rumah Sakit Sanjiwani Gianyar, dr Ida Komang Upeksa yang juga Plt, Kadis Kesehatan Gianyar mengatakan bahwa terdapat sebanyak 3.210 vaksin yang akan segera di distribusikan di Kabupaten Gianyar.

Baca Juga:  Pariwisata Gianyar di Titik Minus, Kewirausahaan Digenjot

“Kami masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk pendistribusiannya ke Gianyar,” ujarnya.

Dikatakannya, yang pertama mendapatkan vaksin adalah para tenaga kesehatan (nakes).

“Awalnya kita perlu sebanyak 2.350 vaksin untuk nakes di Gianyar, akan tetapi yang diberikan adalah sebanyak 3.210 vaksin,” katanya.

Sedangkan, Kepala Bidang Penindakan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Anak Agung Anom Sukamawa menyebutkan bahwa untuk penyimpanan vaksin di Kabupaten Gianyar telah disiapkan sebanyak 17 tempat.

Baca Juga:  Doni Monardo Positif Covid-19

“17 tempat tersebut terbagi atas 13 Puskesmas, tiga rumah sakit, serta satu di Dinas Kesehatan. Itu tempat penyimpanannya sudah kita persiapkan untuk kedatangan vaksinya, kita masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali,” ungkapnya.

Adapun rinciannya adalah sebanyak 13 Puskesmas di Gianyar yang digunakan untuk penyimpanan vaksin ini adalah dua Puskesmas di Sukawati, dua Puskesmas di Blahbatuh, dua Puskesemas di Tampaksiring, dua Puskesmas di Ubud, dua Puskesmas di Tegallalang, serta satu Puskesmas di Payangan.

Baca Juga:  Paksi Mas, Inovasi Denut Fasilitasi Masyarakat Akses Pelayanan Publik Online

Sedangkan rumah sakit yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar, Rumah Sakit Payangan, serta Rumah Sakit Ganesha. “Satu lagi tempat yang digunakan sebagai penyimpanan vaksin ini adalah di Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar,” tandas Anak Agung Anom Sukamawa. (ina/kb)