Golkar Diprediksi Raih 2 Kursi di Dapil 1, Asta Dharma Kembali Melenggang ke DPRD Tabanan

Politik Tabanan
Ket Foto: Caleg Golkar, I Made Asta Dharma

TABANAN, Kilasbali.com– Memasuki tahap pleno penghitungan suara tingkat kecamatan untuk Pemilu 2019, Partai Golkar yang awalnya diprediksi hanya akan mampu meloloskan satu calon untuk kursi DPRD Tabanan dari Dapil 1 Kecamatan Tabanan-Kerambitan ternyata sangat berpeluang merebut satu kursi lagi hingga menambah menjadi dua kursi.

Satu kursi tersebut sudah dipastikan diraih incumbent Ni Made Meliani yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Tabanan. Sedangkanuntuk kursi kedua berpeluang direbut oleh I Made Asta Dharma yang juga incumbent dari Partai Golkar.

Sebelumnya berdasarkan penghitungan sementara internal DPC PDIP Tabanan, untuk Dapil 1, Kecamatan Tabanan-Kerambitan, dari 10 kursi yang diperebutkan, PDI P mampu meraih 8 kursi dan Golkar hanya satu kursi. Sisanya satu kursi lagi diraih Partai Nasdem.

Sementara berdasarkan data hasil Pleno Kecamatan Kerambitan, PDIP meraih 21.150 suara, Partai Golkar meraih 2.942 suara, Nasdem 2.439 suara. Sedangkan Pleno untuk Kecamatan Tabanan saat ini belum selesai masih berproses.

Namun berdasarkan data yang dihimpun dari sumber terpercaya menyebutkan, jumlah suara PDIP di Kecamatan Tabanan sebanyak 32.753 suara, Partai Golkar 7.971 suara, Nasdem 3.314 suara. Jika ditambah dengan hasil pleno di Kecamatan Kerambitan, maka PDIP total memperoleh 53.903 suara, Golkar 10.913 suara dan Nasdem 5.753 suara. Selanjutnya apabila dalam hasil Pleno Kecamatan Tabanan tidak ada perubahan suara signifikan, maka dari hasil pembagian, PDIP diperkirakan merebut 7 kursi, Golkar 2 kursi dan Nasdem 1 kursi.

Adapun komposisi untuk pembagian 10 kursi Dapil 1, Kerambitan -Tabanan untuk DPRD Tabanan, kursi pertama diraih I Made Dirga dari PDIP, dengan perolehan 12.148 suara. Kemudian untuk kursi kedua juga diiraih oleh caleg dari PDIP, yakni I Gusti Komang Wastana dengan perolehan 7.661 suara.

Sedangkan untuk perebutkan kursi ketiga diperoleh kader Partai Golkar Ni Made Meliani dengan perolehan 4.322 suara, dan untuk kursi keempat kembali diraih oleh PDIP, yaitu I Wayan Lara, dengan perolehan 5.875 suara. Untuk kursi kelima juga kembali direbut kader PDIP I Wayan Widnyana yang berhasil mengumpulkan 5.658 suara, dan untuk kursi keenam didapat I Gede Putu Desta Kumara dari PDIP dengan memperoleh 4.683 suara.

Disusul untuk kursi ketujuh raih oleh Partai Nasdem, yaitu I Gede Sudiartha, dengan perolehan suara 1.641, dan untuk kursi kedelapan kembali didapat oleh PDIP, yaitu Ni Made Rahayuni yang memperoleh 4.244 suara. Kemudian untuk kursi kesembilan juga kembali didapat oleh PDIP, yakni I Ketut Arsana Yasa, yang memperoleh 3.628 suara. Sedangkan terakhir untuk kursi kesepuluh diraih oleh kader Partai Golkar I Made Asta Dharma dengan 4.120 suara. Apabila dalam Pleno di Kecamatan Tabanan, hasilnya tidak berubah jauh, maka bisa dipastikan, PDIP hanya meraih 7 kursi, Golkar 2 kursi dan sisany Nasdem 1 kursi.

Caleg Partai Golkar, I Made Asta Dharma saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dirinya berpeluang lolos pada Pemilu 2019 ini. Asta Dharma sangat optimis kembali menduduki kursi empuk Dewan Tabanan. Hal ini berdasarkan data form C1 saksi yang dimiliki Partai Golkar Tabanan. Namun saat ini pihaknya tidak ingin sesumbar terlebih dahulu. Ia masih menunggu pengumuman resmi dari KPU Tabanan.

Pihaknya pun bersama Partai Golkar terus mengawal suara yang diperoleh agar nantinya tidak ada kecurangan dari pihak manapun. Apalagi saat ini sedang menunggu hasil Pleno di Kecamatan Tabanan, dan sebelumnya Pleno untuk Kecamatan Kerambitan sudah selesai dilakukan. “Saya sangat bersyukur, kalau Golkar bisa meraih dua kursi di Dapil 1, tapi dari awal kami sangat optimis kalau Partai Golkar mampu meraih dua kursi. Saat ini kita sedang menunggu pengumuman resmi dari KPU, tapi kami tetap akan mengawal proses ini agar tidak ada kecurangan dari Partai manapun,” ungkapnya, Rabu (24/4/2019).

Sementara itu Ketua DPC PDIP Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, belum bisa dikonfirmasi terkait ada pengurangan kursi di Dapil 1, Kecamatan Tabanan-Kerambitan. (*KB).