GOR Debes Dirancang Jadi Land Mark Tabanan

Olahraga Tabanan
Foto: GOR yang baru selesai di bangun.

TABANAN, Kilasbali.com – Gelanggang Olah Raga (GOR) Debes yang terletak di Kabupaten Tabanan akan ditata tidak hanya menjadi kawasan olahraga. Akan tetapi juga menjadi land mark di kabupaten yang berjuluk bumi lumbung beras ini.

GOR ini akan disulap menjadi ruang terbuka hijau atau sebagai taman kota dan terbuka untuk masyarakat umum. Tidak hanya untuk even olahraga akan tetapi juga sebagai tempat bersosialisasi dan mencari inspirasi masyarakat sambil menikmati udara segar.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Umum KONI Tabanan, Made Nurbawa saat ditemui di Sekretariat KONI Tabanan, Rabu (2/10/2019). “GOR Debes ke depan akan ditata menjadi kawasan layaknya taman kota. Ya sebagai land mark Tabanan lah,” ujarnya.

Menurutnya, rencana itu berkaca dari antusias masyarakat saat Porprov Bali kemarin. Di mana puluhan ribu masyarakat datang memadati kawasan GOR, selama even dwi tahunan ini berlangsung.

“Potensi ini yang kita tangkap, sehingga GOR ini kita rencanakan akan ditata menjadi sebuah kawasan hijau lengkap dengan jogging track, dan lampu-lampunya,” tuturnya.

Dikatakannya, tampilan GOR juga akan berubah, karena dilengkapi dengan gapura dan juga taman yang mempercantik penampilan GOR. Sehingga masyarakat yang datang itu merasakan bahwa mereka telah tiba di GOR Tabanan. Karena, GOR ini memiliki ciri khas tersendiri.

“Jadi, GOR ini dirancang memiliki taman lengkap dengan tempat duduk. Sekarang ini kan belum jadi,” katanya.

Selain itu, dengan berubahnya tampilan GOR sehingga menarik minat masyarakat untuk mendatangi tempat ini, juga dirancang untuk menjadi salah satu unit penghasil untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

“Mungkin menjadi salah satu unit penghasil yang dikelola oleh OPD. Mengingat kita juga butuh biaya perawatan. Sedangkan kami di KONI hanya sebagai leading sector dibidang olahraga saja,” jelasnya.

Pihaknya juga berencana akan menamai masing-masing gedung yang ada di kawasan GOR Debes ini. “Saat ini kan gedung-gedung yang ada belum ada nama. Jadi ke depan semua kita akan namai, sehingga akan menjadi kebanggaan masyarakat Tabanan,” pungkasnya. (KB)