Gubernur Bali Tunjuk Pj. Sekda Made Toya Jadi Plh Walikota Denpasar, Rai Mantra -Jaya Negara Purna Tugas

Birokrasi Denpasar
Gubernur Bali Tunjuk Pj. Sekda Made Toya Jadi Plh Walikota Denpasar, Rai Mantra -Jaya Negara Purna Tugas
  • Pelantikan Bupati Jembrana

  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021

DENPASAR, Kilasbali.com – Berakhirnya masa bakti Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara pada 17 Februari ini mengharuskan adanya Pelaksana Harian Walikota (Plh).

Hal ini lantaran pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Denpasar hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 lalu, yakni IGN Jaya Negara dan Kadek Agus Arya Wibawa diundur.

Untuk mengisi kekosongan, I Made Toya yang saat ini merupakan Penjabat (Pj) Sekda Kota Denpasar ditunjuk menjadi Plh Walikota Denpasar.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai saat dikonfirmasi, Selasa (16/2/2021) membenarkan hal tersebut.

Baca Juga:  Ketua DPC PDIP Tabanan Dukung SE No 4 Tahun 2021

“Iya setelah Pak Walikota Rai Mantra dan Pak Wakil Walikota Jaya Negara purna tugas pada 17 Februari 2021, untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Kota Denpasar maka ditunjuk Pkg oleh Gubernur Bali. Hal ini karena pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih ditunda sesuai arahan Kemendagri,” jelasnya.

Dewa Rai membenarkan bahwa I Made Toya yang sekarang merupakan Pj Sekda Kota Denpasar ditunjuk sebagai Plh.

” I Made Toya yang ditunjuk oleh Gubernur Bali, Wayan Koster sebagai Plh Walikota Denpasar berdasarkan Keputusan Gubernur Bali Nomor 240/01-A/HK/2021,” ujarnya.

Baca Juga:  Jelang Pelantikan, Jaya Negara Aktif Dalam Kegiatan Masyarakat

Dewa Rai mengatakan bahwa nantinya kesinambungan keberlangsungan pemerintahan akan dilanjutkan oleh Plh Walikota Denpasar, sampai dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota difinitif. Hal ini berlangsung hingga Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih yakni IGN Jaya Negara dan Kadek Agus Arya Wibawa dilaksanakan.

“Rencananya pelantikan kan 17 Februari ini, tapi atas arahan Kemendagri diundur, dan direncanakan pada 26 Februari ini dilantik. Jadi untuk memastikan jalanya pemerintahan maka ditunjuk Plh hingga pelantikan dan semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Baca Juga:  Tim Yustisi Jaring 14 Pelanggar Prokes, 13 Orang di Rapid Antigen

Dewa Rai menambahkan karena saat ini masa pandemi , acara serah terima jabatan akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Sistemnya ada undangan yang offline dan online. Yang offline tidak lebih dari 15 orang sedangkan undangan lainnya melalui online atau daring,” katanya.

Untuk diketahui bahwa Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara akan melaksanakan penyerahan memori jabatan periode 2016-2021 kepada Plh Walikota Denpasar, I Made Toya pada Rabu (17/2/2021). (sgt/kb)