Gugus Tugas Jembrana Sidak Pelabuhan Gilimanuk, Ini Hasilnya

Jembrana

JEMBRANA, Kilasbali.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana melaksanakan kegiatan inspeksi mendadak atau Sidak untuk mengecek kinerja dan kesiapsiagaan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 di Area Pelabuhan Gilimanuk.

Sidak tersebut dilaksanakan Sabtu dini hari (25/04/2020), Pukul 01.25 Wita di Area Pelabuhan ASDP Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana dalam rangka untuk mengecek kinerja dan kesiapsiagaan Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam melakukan pemeriksaan terhadap setiap orang yang masuk ke Bali melalui Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk.

Sejumlah pejabat terkait hadir pada kegiatan Sidak tersebut antara lain, Dandim 1617 Jembrana, Letkol Kav. Djefri Marsono Hanok selaku Wakil Ketua II Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, S.I.K., selaku Wakil Ketua III, Sekretaris Daerah Jembrana I Made Sudiada, S.H., M.H., selaku Sekretaris I, Asisten II Sekda Kabupaten Jembrana I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, S. Sos., Kepala BPBD Kabupaten Jembrana I Ketut Eko Susila Arta Permana, S.E.M.Si., dan sejumlah pejabat lainnya termasuk Manager Operasional ASDP Gilimanuk, Lurah Gilimanuk Gede Wariana Prabawa S.STP.

Baca Juga:  PBB Merapat ke Jaya-Wira, Bro Shalah; Sudah Direstui Yusril Ihza Mehendra

Dandim 1617/Jembrana menjelaskan inspeksi mendadak (Sidak) dilaksanakan dalam rangka meninjau secara langsung terhadap proses pemeriksaan lalu lintas setiap orang atau penumpang yang masuk ke Pulau Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui secara langsung kondisi serta segala kekurangan yang menjadi hambatan petugas Satgas Covid-19 dalam melaksanakan tugas di lapangan,” ungkap Letkol Djefri

Dijelaskannya, hasil Sidak pengecekan dan kesiapsiagaan terhadap kinerja Satgas Penanggulangan Covid-19, dimana ditemukan kurang adanya koordinasi pihak ASDP dengan Syahbandar terkait dengan pemulangan terhadap orang yang ditemukan positif Covid-19 berdasarkan hasil Rafid Test.

Baca Juga:  Koster Ajak Unud Makin Berperan dalam Pembangunan Bali

Kemudian masih kurang ketegasan dalam menangani antrean untuk melakukan pengecekan suhu tubuh terlalu rapat atau tidak menjaga jarak (physical distancing) dan ditemukan pula penumpang yang tidak mengunakan masker. “Berdasarkan hasil rapid test ditemukan 4 orang positif Covid-19,” sebut Dandim.

Pada kesempatan tersebut rombongan juga melakukan kegiatan peninjauan langsung ke lapangan terhadap jalur yang digunakan dalam pemeriksaan Pos KTP, pemeriksaan suhu badan, lokasi pengambilan rapid test dan akses yang dilalui setelah dilakukan pemeriksaan di Pelabuhan Gilimanuk. (jus/kb)