Hadiri Pemelaspasan Pura Pucuk Sari, Jaya Negara Apresiasi Protokol Kesehatan

Ceremonial Denpasar
Jaya Negara Mendem Pedagingan di Gedong Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod

DENPASAR, Kilasbali.com – Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dan pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar serta sejumlah tokoh masyarakat dan adat setempat menghadiri Karya Pamelaspasan dan Mendem Pedagingan Gedong Piyasan di Pura Pucuk Sari, Banjar Kaliungu Kelod bertepatan dengan Rahina Sugihan Bali, Jumat (11/9/2020).

“Saya berterimakasih kepada warga banjar Kaliungu Kelod karena sudah menerapkan protokol kesehatan di dalam melaksanakan upacara yadnya, yakni upacara Pemelaspasan Gedong di Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod ini. Dan juga semoga dengan adanya upacara Pemelaspasan ini serada bakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa semakin meningkat dalam melaksanakan Dharmaning Agama dan Dharmaning Negara. Selain itu kita selalu berdoa agar pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir atas suecan Ida Shang Hyang Widhi Wasa,” ungkap Jaya Negara.

Sementara Manggala Karya, I Gede Arya Wira Negara mengatakan, pelaksanaan upacara ini berkaitan dengan telah usainya pemugaran di Gedong dan Piyasan di Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod.

Baca Juga:  "CEO Goes to BALI" Gairahkan Pariwisata di Tengah Pandemi Covid-19

Pemugaran ini dilakukan melihat kondisi piyasan yang secara keseluruhan sudah rapuh termakan usia, untuk itu dari hasil musyawarah krama banjar Kaliungu Kelod yang berjumlah 230 KK disepakati melaksanakan pemugaran. Yang mana pemugaran dilakukan selama satu bulan lamanya, dan hari ini di pelaspas.

Untuk prosesi upacara menurut Gede Arya dilaksanakan bertepatan dengan rahina Sugihan Bali yakni upacara untuk penyucian diri atau bhuana alit, baik secara sekala maupun niskala. Upacara ini dipuput oleh Ida Peranda Gede Beluangan Sanur.

“Saya bersama warga krama Banjar Kaliungu Kelod mengucapkan terimaksih kepada Pemkot Denpasar terutama Bapak Walikota dan Wakil Walikota Denpasar karena selama ini sudah membantu dan mendukung dari awal pamugaran balai banjar sampai saat ini. Semoga Pemkot Denpasar selalu bisa mendukung masyarakat didalam kegiatan budaya dan agama,” ungkapnya. (sgt/kb)