Hari Saraswati, Rai Mantra Resmikan Spiga Radio

Denpasar Pendidikan
Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra

DENPASAR, Kilasbali.com – SMP PGRI 3 Denpasar untuk terus berinovasi di tengah mewabahnya Covid-19. Sebagai upaya mendukung maksimalnya konten pendidikan di masa pandemi, SMP PGRI 3 Denpasar kini memiliki Radio Pendidikan bernama Spiga Radio.

Peresmian radio berbasis internet ini dilaksanakan langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra secara virtual bertepatan dengan Hari Saraswati, Sabtu (30/1/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut secara virtual, Plt. Kepala Disdikpora Kota Denpasar, AA Made Wijaya Asmara, Kabid SMP Disdikpora Kota Denpasar, AA Wiratama, dan Perwakilan PGRI Kota Denpasar.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan inovasi yang mampu beradaptasi dengan pandemi merupakan solusi atas tantangan saat ini.

Baca Juga:  Jaya Negara Tinjau Posko Penyekatan Mudik, Mobilitas Pemudik Tahun Ini Turun

Tentunya, dengan lahirnya Spiga Radio ini diharapkan mampu menghilangkan kejenuhan siswa atas situasi saat ini.

“Inovasi ini sangat baik sekali sebagai bentuk terobosan untuk pembelajaran di masa pandemi saat ini, sehingga mampu menghilangkan kejenuhan siswa,” terangnya

Lebih lanjut dijelaskan keberadaan Spiga Radio ini juga diharapkan mampu memberikan dukungan psikologis siswa serta masyarakat pada umumnya. Sehingga siswa mampu lebih optimis dalam menghadapi tantangan saat ini.

“Kontennya nanti tidak hanya fokus kepada pembelajaran, melainkan bisa juga memberikan ruang kreatifitas siswa, sehingga tidak hanya otak kanan saja, tapi otak kiri juga produktif.

Dengan ini saya nyatakan Radio Spiga  diresmikan, selamat dan semoga dapat memberikan hal positif dalam mendukung kemajuan pendidikan di Kota Denpasar,” ujar Rai Mantra.

Baca Juga:  Dandim Jembrana Serahkan Bingkisan Pangdam Udayana

Kepala Sekolah SMP PGRI 3  Denpasar, Dr. I Made Suada mengatakan Spiga Radio mengusung visi sebagai media  berbasis audio dengan misi teraktual, terfaktual, terlengkap, terinovatif dan terpercaya.

Spiga Radio merupakan salah satu program SMP PGRI 3 Denpasar dalam memfasilitasi dan menjadi wadah potensi berbicara di depan publik dan penyiaran siswa.

“Mengambil momentum perayaan hari Suci Saraswati sebagai momen turun dan mengalirnya ilmu pengetahuan melalui Spiga Radio. Sehingga kami berharap seluruh informasi yang disiarkan merupakan informasi yang berilmu dan bermanfaat,” ujarnya.

Menurutnya Spiga Radio telah digagas tahun 2015, saat itu dimulai dengan siaran di internal sekolah. Keberadaan Spiga Radio juga dalam momen pandemi ini diyakini menjadi media belajar yang sangat bermanfaat bagi para siswa.

Baca Juga:  Pakai Masker Tak Sempurna, Tim Yustisi Kota Denpasar Berikan Pembinaan

Di mana, pembelajaran jarak jauh harus difasilitasi dengan beragam media belajar. Seperti juga media belajar melalui siaran radio.

“Jelas, kami berharap Spiga Radio dapat menjadi media belajar yang baik bagi para siswa di SMP PGRI 3 Denpasar, juga masyarakat umum lainnya. Terima kasih kepada bapak Walikota Denpasar yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk meresmikan Spiga Radio. Kami berharap besar dukungan dan arahan Bapak Walikota dalam kami menyiarkan informasi dan mengelola spiga radio kedepannya,” tutup Suada. (sgt/kb)