Hindari Atrean, Disdukcapil Gianyar Tutup Perekaman e-KTP

Gianyar
Foto: Disdukcapil Gianyar tampak masih ramai didatangi masyarakat.

GIANYAR, Kilasbali.com – Kendatipun ada imbauan agar masyarakat menghindari keramaian, ternyata di sejumlah instansi pelayanan di Pemkab Gianyar masih ramai didatangi warga. Seperti halnya di di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gianyar yang terlihat ramai didatangi masyarakat.

Untuk menghindari antrean, Disdukcapil akhirnya menutup untuk sementara, sejumlah pelayanan seperti perekaman e-KTP yang dihentikan sementara.

Kepala Disdukcapil Gianyar, Putu Gede Bayangkara mengatakan, secra kasat mata memang masih terlihat banyak masyarakat yang sedang mengurus kelengkapan adimistrasi kependudukan di kantornya.

Namun dari segi jumlah, disebutkan sudah mengalami penurunan dalam beberapa hari ini. Namun demikian, pihaknya pihaknya tidak tahu secara pasti total jumlah masyarakat yang datang ke Disdukcapil saat ini. Terkait perekaman, setiap hari pihaknya menyiapkan 300 nomor antrian setiap hari.

“Kalau sebelumnya, pemohoan ngajak keluarganya, kini kebanyakan datang sendiri. Ini bagus agar tidak terjadi kerumunan padat,” ujarnya.

Menurutnya, dalam situasi virus corona ini, tidak dipungkiri bahwa stafnya juga was-was. Meski demikian, pelayanan pada masyarakat tidak boleh diabaikan. Demi menjamin kesehatan staf, mereka telah dipersiapkan hand sanitizer.

Sementara untuk menghindar antrean, sejumlah pelayanan dihentikan sementara. “Mudah-mudahan situasi seperti ini bisa cepat teratasi,” harapnya.

Di sisi lain, sejumlah masyarakat mengaku sedikit kecewa karean beberap pelayanan ditutup. Karena sebagian warga sengaja memanfaatkan “libur” yang diberikan pemerintah untuk mengurus administrasi ke Disdukcapil.

“Kalau nggak liburan gini, saya sulit permisi atau izin di sekolah,” ungkap Putu Bagus Padma, seorang Pelajar dari Ubud.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Gianyar telah mengeluarkan kebijakan membatasi aktivitas keramaian. Meski demikian, Pemkab Gianyar tidak menutup pelayanan kependudukan.

Sekda Gianyar, Made Gde Wisnu Wijaya mengatakan terkait kependudukan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa ditunda. (ina/kb)