HUT Kota Gianyar Ke-250 Tanpa Pesta Seni

Denpasar News Update
Foto : Persiapan Apel Hut Kota Gianyar di Alun-alun Gianyar

GIANYAR, Kilasbali.com – Lantaran masih dalam suasana pandemi Covid-19, bulan April yang merupakan momentum pesta seni di Gianyar, tahun ini masih tetap ditiadakan. Di HUT yang ke-250 yang diharapkan berlangusung meriah, kini dilaksanakan dengan sederhana, karena Pemkab Gianyar memastikan prokes Covid-19 ditaati.

Menghindari potensi kerumuman masa, pawai hingga pagelaran kesenian ditiadakan. Sebagaimana sebelum pandemi, HUT Kota Gianyar dilaksanakan dengan meriah bahkan menyamai PKB.

Pelaksanaannya diisi dengan pawai dan parade budaya yang melibatkan seluruh seniman di Gianyar. Sedangkan pada HUT Kota Gianyar kali ini diisi dengan apel peringatan di Alun-alun Gianyar.

Baca Juga:  Jaya Wibawa Jadi Keynotespeaker di Sabha XII PC KMHDI Denpasar

Kadisbud Gianyar, I Gusti Agung Sri Widyawati menjelaskan, parade budaya hingga pertunjukan kesenian yang biasanya memeriahkan HUT Gianyar, kali ini tidak dilaksanakan.

“Perayaannya sama dengan tahun 2020, hanya dilaksanakan apel bendera, mengingat masih situasi pandemi covid,” jelasnya, Minggu (18/4/2021).

Kadisbud Sri Widyawati berharap, para pecinta kesenian tradisional Bali serta para seniman supaya tidak berkecil hati.

Baca Juga:  Pakai Masker Tak Sempurna, Tim Yustisi Kota Denpasar Berikan Pembinaan

“Teruntuk para seniman di Kabupaten Gianyar, kami berharap supaya tetap berkarya. Bagaimanapun juga, Pemkab Gianyar tidak akan pernah meninggalkan seni dan budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur,” harapnya.

Dipastikannya, bila situasi sudah normal, maka perayaan akan dilaksanakan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. “Gianyar yang berakar dari seni budaya, maka harus tetap dilestarikan, saat ini waktunya mengasah keterampilan,” ujarnya. (ina/kb)